17 Cara Membuat Makanan Semalam Enak, Nikmat & Gurih

 
Adakah diantara teman sekalian yang hobi menyantap makanan semalam? Sesuatu yang telah ditinggal kemarin malam, mungkin sebagian kecil orang menilainya sebagai “sisa-sisa yang tidak habis dimakan tikus.” Untung saja tikus-tikus di rumah kami telah disingkirkan oleh kucing yang baik. Sekalipun demikian masalah baru muncul di balik manfaat itu: kucing juga butuh makanan, lupa dikasih makan seminggu pasti lauk di atas meja diembatnya bahkan sekalipun itu sudah di tudungi baik-baik. Yang satu ini memang pintar nian, digesernya sedikit kesamping hingga lewat kepinggir meja sedikit lalu masuklah si kucing ini ke dalam tudung makanan dari bawah dengan memanjat kursi. Makanya, jangan lupa kasih makan peliharaan anda, mereka bisa ganas lho kalau kelaparan…. :D ckckckkkkk :D

Mengkonsumsi makanan semalam untuk menghargai kehidupan

Kami sendiri hobi mengkonsumsi makanan semalam sebab dibuang sia-sia sayang rasanya, kami harap andapun demikian. J Dalam semuanya itu, kami merasa bahagia karena mampu memaksimalkan penggunaan berkat yang diberikan Tuhan tanpa ada yang tak bermanfaat hingga terbuang. Sadarilah bahwa  tidak ada sesuatu yang buruk di dunia ini asalkan kita mampu mengelolanya dengan baik. Agar hal-hal yang terkesan kurang disana dan disini dapat dipoleh dengan ini dan itu agar lebih terasa nikmatnya.

Makanan semalam bukanlah aib yang selalu harus dibuang dan disingkirkan dari atas meja. Justru terkadang dari hal-hal yang hampir diabaikan bahkan terbuang inilah, kita belajar untuk rendah hati sembari mensyukuri semua pemberian Sang Pencipta. Sebab tidak ada orang sombong yang melakukan melakukan kebiasaan ini, melainkan hanya untuk pembantu bahkan dibeberapa rumah konglomerat makanan sisa akan dibuang sama sekali ke tong sampah.Tetapi, kami sendiri memilih untuk menghendel keadaan serupa yang kerap kali terjadi di rumah.

Ada teman yang mengaku: makan nasi hanya sekali sehari, tepatnya di pagi hari saja. Sedangkan di tengah hari dan malam hari hanya mengkonsumsi ubi jalar, ubi kayu, talas atau gamumu (sejenis talas), sayuran, buah dan cemilan lainnya. Makan hanya sekali sehari, pas waktunya makan yang dikonsumsi adalah makanan semalam. Mungkin beberapa orang menganggap bahwa ini adalah hal konyol. Seharusnya karena hanya sekali makan sehari maka yang dikonsumsi adalah sesuatu yang spesial, khas bahkan lebih bernilai dari yang biasanya. Tetapi si kawan memilih sikap apa adanya saja dan siap mengkonsumsi nasi dan lauk pauk sisa kemarin sore. Inilah hidup sederhana yang menghargai kehidupan sekecil apapun itu.

Nikmat yang kita terima perlu dibagi-bagi

Segala sesuatu bisa dibuat lebih berasa nikmatnya, demikian halnya juga dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tidak ada satupun yang buruk disini asalkan dinikmati dengan penuh rasa syukur sambil bernyanyi memuliakan Allah di dalam hati. Alhasil mampu mendatangkan manfaat plus kebahagiaan di dalam hati hingga meluap dalam senyuman manis di bibir masing-masing. Bila Tuhan bersama-sama dengan kita, Ia akan memberi inspirasi untuk menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat untuk kebaikan bersama. Namun jangan lupa untuk membagikannya dengan teman-teman lainnya sebagai wujud nyata kasih kepada sesama.

Cara membuat makanan kemarin malam/ sore tetap asyik untuk dinikmati bersama

Kembali lagi ke topik yang sedang kita bahas bersama disini, yaitu membuat makanan yang mungkin saja hampir basi dan agak mengeras menjadi lebih nikmat, lembut dan tetap segar bahkan masih hangat saat dikonsumsi. Caranya sangat mudah untuk dilakukan sebab hanya membutuhkan bahan-bahan yang ada di dapur dan ruang makan keluarga anda. Hanya saja membutuhkan waktu beberapa menit sebelum semuanya siap. Ini juga termasuk salah satu dari cara menguji kesabaran sendiri. Berikut selengkapnya tips & trik membuat makanan semalam lebih layak konsumsi.
  1. Untuk nasi biasa. Jika nasi malam ini masih ada tersisa sampai besok paginya pastilah strukturnya akan terasa mengeras karena sebagian besar kandungan airnya telah menguap. Belum lagi masalah baunya yang mungkin saja agak beraroma seperti hampir basi. Bagaimana kita membuatnya menjadi lebih nikmat? Silahkan amati cara berikut ini.
  2. Tambahkan air panas sedikit. Anda bisa mengambilnya dari dispenser (hot) dan bisa juga dari termos yang airnya masih panas.
  3. Taburilah garam secara merata, secukupnya. Silahkan berksperimen sendiri tentang berapa jumlah garam yang ideal untuk porsi makanan anda. Intinya adalah mustahil garamnya sampai satu sendok makan melainkan silahkan dicoba sendiri sesuai selera. Rasa yang diberikannya akan terasa agak manis tapi tetap nikmat saat disantap. Jika rasanya menjadi asin berarti terlalu banyak garam, lain kali kurangilah itu.
  4. Saat dikonsumsi pastilah nasi tersebut menjadi hangat, lembut, nikmat dan segar dibandingkan sebelumnya.
  5. Khusus untuk nasi goreng. Bagi anda yang masih tersedia waktu lebih lama untuk berlelah maka alangkah lebih jika membuat nasi goreng dengan resep sendiri. Rasanya pastilah lebih gurih, nikmat, hangat dan sesuai selera anggota keluarga.
  6. Kupas bawang merah, bawang putih dan jahe. Anda juga bisa menambahkan beberapa buah cabe (merah atau rawit) agar lebih pedas. Setelah itu iris halus sesuai selera.
  7. Panaskan 3 sendok minyak makan yang baru. Masukkan bumbu yang sebelumnya telah anda sediakan ke dalamnya sambil diaduk rata hingga semuanya menjadi agak kecoklatan.
  8. Masukkan nasi semalam kedalamnya, yang mungkin teksturnya sudah agak memburuk.
  9. Tambahkan sedikit air. Jika tekstur nasi yang anda hendak panaskan di atas kuali sudah mengeras dan terlalu kering. Maka anda dapat menggunakan/ menambahkan sedikit/ secukupnya air kedalamnya.
  10. Juga tambahkan garam kedalamnya. Garam plus air inilah yang akan melembutkan struktur nasi yang sedang di gorong tersebut. Taburkan merata secukupnya. Tentunya jika nasinya banyak maka garamnya juga haruslah agak banyak. Indikatornya jikalau garam yang anda tambahkan sudah mencukupi jumlahnya, yaitu saat nasi tersebut mulai mengeluarkan aroma yang khas. Sebab garam disini berperan penting untuk membuat aroma makanan yang sedang anda masak, keluar semerbak dengan wangi khas.
  11. Aduk rata hingga matang sesuai selera. Beberapa teman juga membuat nasi goreng dengan tekstur sedikit agak gosong tapi semuanya itu tergantung selera.
  12. Andapun bisa menambahkan beberapa daging sosis atau daging lainnya yang sebelumnya sudah matang kedalamnya sebelum semuanya benar-benar mantap untuk diangkat lalu disajikan.
  13. Ada juga yang melakukan ini. Memanaskan nasi semalam dengan mengikutkannya di dalam tahapan akhir saat menanak nasi yang baru pagi itu. 
  14. Bagi yang menggunakan penanak nasi otomatis (rice coocker), dapat ditambahkan tepat setelah lampu indikator merah beralih ke lampu indikator biru. Untuk yang menggunakan kukusan atau periuk, silahkan tambahkan nasi semalam dibagian akhir memasak saat adukan yang terakhir dimana beras sudah mengembang semua dan air sudah kering (untuk pengguna periuk). Saksikanlah, Cara menanak nasi di rice coocker pulen, nikmat dan lembut.
  15. Untuk sayuran. Sebaiknya sayuran tidak perlu dipanaskan lagi di pagi hari. Bahkan beberapa jenis sayuran tidak baik dikonsumsi setelah 7 jam. Biasanya sayuran yang kadaluarsa tetapi dikonsumsi dapat menyebabkan rematik (gout) yang menyebabkan rasa sakit sangat di tumit.
  16. Untuk daging. Memanaskan daging semalam di pagi hari, sebenarnya tergantung selera masing-masing. Jika anda memang ingin memanaskannya pastikan itu tidak sampai mendidih lama melainkan pertama sekali mendidih langsung diangkat.
  17. Untuk air putih. Biasanya bila tidak memiliki dispenser, air putih akan terasa menyengat di dalam perut saking dinginnya. Keadaan ini lebih disebabkan karena perubahan pH. Oleh karena itu, tambahkanlah sedikit saja garam kedalamnya lalu aduk rata. Pasti air yang sekalipun dingin itu akan nikmat dan segar saat diminum dengan rasa ada manis-manisnya (isotonik).
Makanan semalam jangan sampai terbuang sia-sia. Manfaatkan itu sebaik-baiknya teman sebab dari hal-hal sederhana semacam itulah kita belajar untuk menghargai kehidupan. Sensasi di lidah saat merasakan makanan tidak selalu baik, kadang juga buruk. Fluktuasi semacam ini baik untuk membuat selera makan tetap stabil. Sedangkan garam adalah mineral ajaib yang sangat bermanfaat untuk menambah sensasi nikmat di lidah agar apapun makanannya tetap mengandung selera untuk dikonsumsi sekaligus menyehatkan tubuh juga. Ketahui teman, Cara hidup tanpa makan.
Salam penikmat sejati!

0 Response to "17 Cara Membuat Makanan Semalam Enak, Nikmat & Gurih"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama