9 Cara Mengkopi-Pastekan Kebahagiaan Sehingga Selalu Dihati & Tidak Pernah Pergi, Berlalu atau Hilang



Kebahagiaan adalah perasaan senang yang tenang dan penuh dengan damai. Ini biasanya terjadi secara spontan ketika kita mengalami sesuatu yang spesial, unik dan khas. Bisa juga timbul saat sedang tertawa karena situasi yang amburadur mengandung sentuhan halus yang menggelikan disana-sini. Biasanya rasa ini tidak selalu terjadi dalam diri manusia tetapi ketika dilatih untuk dikopi-pastekan alhasil bisa bertahan lama.

Ketika dulu masih kecil-balita, bahagianya itu sangatlah sederhana. Ayah datang tiba-tiba lalu muncul dengan mengejutkan hingga keluarlah gelak tawa yang imut dan lucu dari wajah ini. Ibu datang dengan "cilukbaa," anak kecil itupun tertawa lepas. Orang lain (saudara, tetangga dan lainnya) datang dengan membawa mainan kecil dari kertas dan kayu, sikecil itupun senangnya sampai melompat-lompat.

Sadarkah anda, ketika masih balita atau masih anak-anak, seorang manusia sangat mudah untuk berbahagia? Masih ingatkah anda dahulu ketika masih jadi adek yang imut, dikasih bon-bon senilai Rp. 500,- saja oleh orang lain, senyum lebar keluar dengan tulus lewat bibir ini. Tapi coba sekarang saat anda telah dewasa, masih adakah rasa senang saat menerima pemberian orang lain berupa bon-bon? Sudahkah anda mengucapkan terimakasih? Atau jangan-jangan nilainya yang murah membuatmu enggan berterima kasih?

Kita jangan pernah melupakan kesederhanaan hidup yang dulu dirasakan waktu masih kecil. Jangan karena umur sudah bertambah, badan sudah gede dan penghasilan lebih baik: tidak ada lagi rasa syukur di dalam hati ketika menerima hal-hal sederhana. Bahkan parahnya lagi, kita jarang berterimakasih kepada Tuhan dan kepada sesama sebab semuanya bisa sendiri (sudah mandiri). Sadarilah bahwa sikap seperti ini tidaklah baik sebab ada banyak kebahagiaan yang bisa diraih bila anda bisa bersyukur pada hal-hal kecil.

Dari pembahasan di atas bisa kita pahami bahwa sesungguhnya kebahagiaan itu sangatlah sederhana. Ini adalah rasa yang sudah ada di dalam hati sejak dari awal kita dilaharikan di bumi ini. Ketika masih kecil, orang lain harus menghibur diri ini agar bisa bahagia tetapi saat sudah besar kita bisa mencari kebahagiaan sendiri dimana salah sumber terbesar ditemukan di dalam hati sendiri. Bila anda mampu mengaktifkan rasa ini niscaya bahagiamu tetap awet sampai akhir hayat bahkan hingga sampai selama-lamanya

Cara mengkopi-pastekan kebahagiaan sehingga selalu ada di dalam hati

Rasa bahagia jelas sudah ada di dalam hati masing-masing orang. Ini bersarang di dalam pikiran anda dimana semuanya itu tergantung dari kemampuan memanajemen pola pikir yang dimiliki. Selama mindset anda teratur & terarah maka selama itu rasa ini bisa bertahan. Tetapi ketika pikiranmu kacau balau oleh karena sesuatu dan lain hal, alhasil saat itu jugalah kebahagiaan menguap entah kemana. Berikut akan kami berikan beberapa petunjuk bagaimana caranya mengkopi-paste rasa ini.
  1. Anda bisa merasakan hal ini saat sedang diberi hadiah oleh seseorang. Ketika ulang tahun dikasih surprise sama sahabat. Rasanya seperti sesaat sehabis makan sampai agak kenyang. Itu tidak jauh-jauh dari keadaan dimana orang lain memperlakukan anda dengan baik. Keadaan ini juga dirasakan saat orang lain peduli dengan kondisi kita. Merasakannya dari aktivitas bersyukur atas karunia Allah hari ini. Bahkan andapun akan merasakan kebahagiaan saat hendak berbagi kasih dengan sesama. Rasa ini seperti suasana hati sedang senang dalam keadaan tenang dan damai yang meluap dengan kendali penuh dalam bentuk senyuman yang minimalis.
  2. Kopi-paste rasa tersebut sambil berfokus kepada Tuhan.
    Jika anda sudah terbiasa memusatkan pikiran kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian maka anda butuh sentuhan akhir, yakni rasa senang yang tenang dan penuh damai. Keadaan ini bisa dilakukan dengan cara meresapi ke dalam jiwa setiap kata yang terucap di dalam hati anda. Perlu latihan untuk melakukannya hingga anda menjadi terbiasa bahkan menjadi mahir.
  3. Kopi paste rasa tersebut sambil berfokus pada pekerjaan positif yang dilakukan sehari-hari.
    Bila kemampuan anda untuk berkonsentrasi sudah mumpuni dimana ini dibuktikan dengan daya tahan yang baik saat menghadapi gangguan sosial. Ini artinya, anda sudah mulai bisa belajar mengkopi-pastekan rasa bahagia itu semberi menyelesaikan pekerjaan yang telah dipertanggung jawabkan kepada anda. Ini seperti ada rasa sukacita yang tenang dan damai saat menekuni semua pekerjaan yang telah dipercayakan orang lain kepada anda.
  4. Kopi-pastekan rasa tersebut sambil berkonsentrasi menekuni bakat/ hobi/ potensi yang dimiliki.
    Setiap manusia diberikan karunia yang berbeda-beda oleh Allah. Ada baiknya bila setiap orang menggunakan karunia tersebut pada hal-hal yang baik dan benar. Misalnya, kemampuan untuk mendesain gambar diarahkan untuk membuat gambar-gambar yang baik dan jangan pula diarahkan untuk menggambarkan hal-hal yang absurd, amoral dan jauh dari norma yang berlaku di dalam masyarakat. Belajarlah berkonsentrasi saat menekuni segala sesuatu lalu nikmatilah semua proses yang dilalui sembari mengarahkan hati untuk tetap senang, penuh damai dan tenang hingga semua aktivitas tersebut berakhir dengan baik.
  5. Kopi-paste rasa tersebut sambil berkonsentrasi untuk belajar.
    Belajar adalah aktifitas melatih otak dan otot untuk tujuan yang positif. Andapun bisa berbahagia sambil melakukan kegiatan yang satu ini. Yang perlu dilakukan adalah melatih diri untuk tetap fokus melakukan sesuatu tanpa terganggu oleh berbagai-bagai godaan yang datang dari segala penjuru. Selesaikanlah setiap pelajaran anda dengan hati yang gembira, itu seperti rasa senang yang tenan dan damai di dalam hati sendiri.
  6. Kopi pastekan rasa tersebut saat sedang bosan.
    Saat anda lagi sendiri menunggu sesuatu atau saat semua pekerjaan sudah selesai dilakukan lalu duduk sendiri di ruang tamu. Bernyanyilah di dalam hati atau menggunakan mulut lalu resapilah setiap kata yang terucap. Pilihlah lagu-lagu rohani yang tidak hanya membuat anda diberkati di bumi tetapi diberkati juga kelak di akhirat. Bahkan ketika pikiran anda melantunkan lagu-lagu pop duniawi, ubahlah itu menjadi lagu rohani untuk puji-pujian bagi nama Allah kita. Alhasil rasa senang yang damai dan tenang akan memenuhi hati anda bahkan meluap menciptakan senyuman manis di bibir anda. 
  7. Mengkopi-pastekan rasa itu saat sedang berkomunikasi dengan sesama.
    Aktivitas berkomunikasi merupakan salah satu hal yang membahagiakan asalkan bisa diresapi, dinikmati dan diterima seadanya. Bila hati cenderung menolak apa yang sedang dibicarakan maka keadaan ini akan semakin mempersulit anda untuk selalu merasakan kebahagiaan hati. Silahkan ikuti dengan seksama setiap pembicaraan yang anda lakukan, pastikan untuk menjadi pendengar yang baik. Di sela-sela pembicaraan, aktifkanlah hati yang bersukacita dalam damai dan ketenangan yang meluap sembari tersenyum mendengarkannya.
  8. Kopi-pastekan rasa tersebut saat sedang mendengar khotbah.
    Anda harus belejar untuk berkonsentrasi sepenuhnya saat situasi lingkungan sekitar sedang tidak tenang (mungkin saja sedang ada pertemuan atau pesta di sebelah). Bila kemampuan anda untuk memfokuskan pikiran sudah lebih baik maka saat mendengarkan khotbahpun telingat tetap tertuju pada kata-kata yang keluar dari mulut pengkhotbah. Anda dapat mendengarkan dengan seksama dan menyetujuinya (meng-ia-kannya/ meng-amin-kannya) agar setiap kalimat yang didengar dapat diresapi hingga ke dalam jiwa. Keadaan ini dapat membantu anda untuk mengkopi-pastekan setiap suka hati yang terasa tenang dan damai hingga diekspresikan ke luar dalam bentuk senyuman mini.
  9. Kopi-pastekan rasa tersebut saat sedang menghadapi masalah dan gejolak sosial.
    Saat anda sedang di dera masalah bahkan ketika hal tersebut datang bertubi-tubi, hindari fokus dengan masalah tersebut. Melainkan berfokuslah kepada Tuhan dalam doa dan puji-pujian lalu resapilah setiap kata yang terucap ke dalam jiwa anda niscaya ada sukacita yang sanga terkendali, penuh damai dan ketenangan keluar dari dalam hati hingga menjadi senyuman. Ini membuat anda jauh dari kekuatiran, kesedihan dan gundah gulana yang tidak jelas. Ketika anda terus berfokus kepada Tuhan maka cepat atau lambat, Ia yang murah hati itu akan mengirimkan inspirasi untuk menyelesaikan masalah tersebut, indah pada waktunya Tuhan.
Satu-Satunya Cara Agar Kebahagiaan Selalu Dihati & Tidak Pernah Pergi, Berlalu atau Hilang Adalah Dengan Menciptakan, Memproduksi, Mengaktifkan dan Mengkopi-Pastekannya Sendiri Di Dalam Pikiran. Dengan Demikian Bahagiamu Tidak Akan Pernah Lari Sedetikpun Sekalipun Gejolak Sosial Di Luar Sana Begitu Kuat Melemahkan Banyak Orang.

Cara paling awam untuk melakukan kebiasaan ini adalah dengan senantiasa bersyukur dan bernyanyi memuliakan Tuhan sampai pikiran terbuka agar rasa senang-sukacita yang terkendali, tenang dan damai memenuhi hati lalu meluap dalam senyuman mungil di bibir masing-masing. (anda bisa melakukannya di dalam hati, lewat mulut, alat musik dan sambil menari juga boleh).

Bila kecerdasan anda telah berkembang yang ditandai dengan kemampuan fokus kepada Tuhan, mengasihi sesama, kesiapan hati menghadapi ujian kehidupan dan kerendahan hati dalam menjalani hidup. Maka andapun dimungkinkan untuk mengkopi-pastekan kebahagiaan yang sesungguhya sudah ada di dalam diri masing-masing orang. Dengan demikian, asal saja anda berjalan di jalan yang benar niscaya hati yang selalu berbahagia akan menjadi milikmu sampai menutup mata bahkan sampai selama-lamanya. Sadarilah bahwa hanya dengan memiliki Tuhan saja di dalam hati, hidup lebih berarti dibandingkan memiliki seluruh gemerlapan duniawi.

Salam, bahagia itu sederhana!

0 Response to "9 Cara Mengkopi-Pastekan Kebahagiaan Sehingga Selalu Dihati & Tidak Pernah Pergi, Berlalu atau Hilang"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama