7 Manfaat Sakit Gigi - Alasan Mengapa Sakit Gigi Lebih Menyiksa Dari Penyakit Lainnya

 
Itulah lika-liku kehidupan di dunia, ada suka-ada duka, ada nikmat-ada sakit, ada tawa-ada tangis. Penuh dengan dualisme yang syarat dengan kontroversi, ada yang menyukainya dan ada pula yang menganggapnya sebagai sebuah beban yang hanya memberatkan hidup. Sadarilah bahwa semakin negatif pikiran ini menanggapi situasi maka semakin berat saja hari-hari kita di dunia. Oleh sebab itu, milikilah penilaian positif untuk menanggapi berbagai aspek kehidupan yang dijalani.

Tidak mudah untuk menjadi orang yang sanggup berpikiran positif di segala waktu. Dasarnya adalah kebersihan hati dan pokok (batangnya) adalah kecerdasan berpikir. Bebaskanlah hati dari segala kebencian, dendam dan hawa nafsu yang sesat lalu latihlah kecerdasan otak anda dengan membaca (misal membaca Kitab Suci), berpikir, menyelesaikan masalah dan fokus terhadap sesuatu (misal fokus kepada Tuhan sambil bernyanyi). Anda jelas butuh waktu yang tidak singkat untuk melatih semuanya ini.

Tidak selamanya penyakit yang kita derita terus membawa duka lara. Ternyata, saat kita mengalaminya ada hal-hal spesial yang saat sehat tidak kita alami tetapi saat sakit, perlakuan itu datang dengan sendirinya. Kasih saja contohnya adalah orang lain yang jadi lebih perhatian, terutama orang-orang terdekat. Apalagi bila anda memiliki banyak kenalan, pasti pada datang semua tuh sambil bawa-bawa ini-itu yang membuatmu mengucapkan "terimakasih sudah datang...."

Pada mulanya, untuk penyakit yang ringan, kita bisa menikmati suasana hangat dikarenakan oleh kunjungan keluarga, kerabat dan para sahabat. Bahkan buah tangan yang mereka bawapun dapat turut kita santap. Keuntungan pada dasarnya akan kita nikmati saat penyakit yang diderita tergolong sesuatu yang ringan dan tidak perlu sampai dibawa opname masuk rumah sakit selama beberapa hari.

Akan tetapi, semakin parah suatu penyakit maka semakin tidak mampu dinikmati kehadiran/ kunjungan kerabat terdekat bahkan terkadang tidak menyadari sama sekali keprihatinan mereka karena diri ini terbaring koma/ tak sadarkan diri selama berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan lamanya. Beberapa penyakit juga justru menghambat kita untuk menikmati hidup dengan ciri khas saran dokter adalah, "Bapak tidak boleh makan ini ya, tidak boleh minum ini ya. Nanti penyakitnya bisa kambuh lagi." Biasanya pasien yang menderita penyakit metabolis akan memiliki lebih banyak pantangan.

Mengapa busuk gigi (berlubang) merupakan penyakit yang paling menyakitkan?

Sakit gigi tergolong penyakit yang "ngeri-ngeri sedap" karena beberapa orang atau lebih tepatnya kebanyakan orang lebih senang mengalaminya daripada "sakit hati." Begitulah lagu-lagu cinta manusia yang kerap kami dengarkan ketika masih remaja dahulu. Beberapa orang meyakini bahwa penyakit di bagian gigi adalah yang paling menyakitkan sepanjang kehidupan manusia. Beberapa alasan yang menjadi faktor penyababnya adalah sebagai berikut.
  • Sakitnya biasanya berlangsung seharian atau semalam-malaman. Baru reda saat kita terlelap (tidur).
  • Tidak bisa menikmati makan dan minum dengan bebas.
  • Sakit yang dirasakan bisa sampai ke area mata, leher bahkan ke kepala juga (kepalal nyut-nyut, pusing)
  • Untuk penyakit dengan derajat keparahan yang lebih buruk, kurang lancar berkomunikasi.
  • Pembengkakan di bagian pipi bisa mengganggu penampilan anda.
  • dan lain-lain.

Faedah saat gigi anda sedang sakit

Penderitaan yang anda alami saat ini bisa kita bawa dalam ranah positif dengan sedikit pemikiran bahwa segala sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan kita dapat membawa berkah yang tidak bisa dipandang biasa-biasa saja. Berikut adalah beberapa manfaat yang kami maksudkan.
  1. Belajar untuk lebih dekat dengan Tuhan. Saatnya buat anda untuk lebih berharap kepada Tuhan agar Ia yang hebat itu memberikan beberapa petunjuk untuk menangani/ mengatasi masalah ini. Mungkin saja Dia juga berkenan untuk mengutus beberapa orang untuk datang memberi solusi atas apa yang sedang anda hadapi.
  2. Melatih kesabaran dan kekuatan hati. Tidak mudah untuk menjadi orang yang sabar dalam segala sesuatu. Dibutuhkan otak yang tidak hanya cerdas tetapi juga bijak untuk menghadapi sesuatu yang beresiko membuat anda marah-marah. Pikiran yang tenang dan hati yang bersih juga fokus pada hal-hal yang baik dapat membantumu untuk menjadi orang yang berhati kuat/ tegar/ tabah.
  3. Mendapat perhatian lebih dari keluarga terdekat. Ibu dan Ayah di rumah akan lebih sering mengunjungi kamar anda lalu bertanya "Bagaimana keadaanmu? Apakah sakitnya sudah reda? Kamu mau makan apa malam ini?" Pertanyaan terakhir adalah favorit kami. Semoga sakit gigi yang anda alami tidak begitu parah dan masih membuatmu mampu mengunyah sesuatu untuk di konsumsi.
  4. Turut mengurangi nafsu makan. Bagi anda yang suka melakukan diet dengan porsi makan yang lebih ketat maka moment sakit gigi adalah waktu yang tepat untuk membantu mengurangi nafsu makan anda. Artinya, niat anda untuk diet ketat bisa sejalan dengan penyakit yang saat ini diderita.
  5. Lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman. Pengalaman yang menyakitkan membuatmu bisa belajar lebih tentang hidup ini. Saat anda sudah pernah mencicipi bagaimana sakitnya gigi ini maka sudah pasti kedepannya akan lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi agar sebisa mungkin tidak membuat kambuh sakit gigi yang tadinya sudah sembuh.
  6. Serius untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Jika diwaktu-waktu sebelumnya anda tidak begitu peduli untuk menyikat gigi dua kali sehari, berkumur dan membersihkan lidah. Maka setelah gigi anda berlubang hingga menimbulkan sakit yang teramat sangat. Niscaya kebiasaan hidup bersih dan menjaga kebersihan rongga mulut akan menjadi rutinitas lalu dibiasakan hingga menjadi budaya dalam kehidupan anda.
  7. Mampu mengenali keberadaan racun pada makanan dan minuman yang disantap. Tahukah anda bahwa gigi yang berlubang (tapi sudah sembuh) menjadi salah satu detektor tercepat saat makanan yang dikonsumsi berlebihan dan/atau beracun?

    Saat hari ini anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu maka mulailah timbullah rasa sakit yang agak mengganggu dari dalam sana. Ini adalah sebuah pertanda bahwa anda harus segera menghentikan aktivitas yang memasukkan sesuatu ke dalam mulut.

    Ketika anda sedang disugihi dengan makanan atau minuman yang diduga mengandung racun (toksin) maka begitu makanan tersebut menyentuh gigi yang busuk/ gusi yang sedang terluka maka racunnya akan masuk ke dalam aliran darah sehingga segera menimbulkan efek sakit di bagian tersebut (di dalam rongga mulut), di daerah mata dan sering juga mencapai kepala. Baca juga, Cara menghilangkan racun tubuh & Ciri-ciri makanan dan minuman kadaluarsa.
Seburuk-buruknya sesuatu yang ada di sekitar anda pastilah dapat mendatangkan manfaat yang baik jika mampu dinilai dari perspektif positif. Seharusnya semakin bijak seorang manusia maka semakin unik & cantik cara pandangnya terhadap dirinya sendiri, terhadap orang lain dan terhadap lingkungan hayati disekitarnya. Sakit gigi juga tidak selalu berdampak buruk dalam kehidupan anda.

Salam sehat itu mudah, murah dan alami!

0 Response to "7 Manfaat Sakit Gigi - Alasan Mengapa Sakit Gigi Lebih Menyiksa Dari Penyakit Lainnya"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama