12 Tanda perkembangan kehidupan di media sosial internet


Seperti tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Internet dalam genggaman sendiri adalah sebuah solusi positif yang dapat memberikan manfaat bagi setiap penggunanya. Hidup kita berkembang dimana media sosial sebagai salah satu pendukung kemajuan itu. Paling net-net yang diperoleh adalah pembaharuan informasi menjadi lebih baik dari hari ke hari. Walau kecerdasan (IQ) kita terbatas, bila diimbangi dengan informasi yang bermutu niscaya hidup kita menjadi lebih berkualitas.

Persoalannya sekarang adalah, bagaimana menjamin informasi yang kita terima di media sosial tergolong berkualitas baik? Atau lebih tepatnya apa standar kita untuk menjamin keabsahan sebuah tulisan online? Ini sangat tergantung dari pertimbangan yang kita lakukan secara pribadi. Saya memiliki beberapa argumen bahwa "harus membanding-bandingkan". Setiap informasi yang diperoleh dari satu sumber dibandingkan dengan inforamsi dari sumber lain yang lebih terpercaya. Salah satu media online terpercaya adalah situs berita sekelas kompas.com dan detik.com

Setelah bertahun-tahun melalang buana di dunia online masakan kita tidak memperoleh manfaat apa-apa? Manusia saja makan hanya tiga kali sehari namun perkembangan tinggi dan besarnya dapat diamati dari tahun ke tahun. Terlebih lagi dengan media sosial, sebab saya yakin setiap dari kita online lebih dari tiga kali dalam sehari. Setidaknya connect ke akun facebook, twitter, plus google dan lain sebagainya. 

Saat menekuni sesuatu selalu menimbulkan 2 efek samping yang nyata, yakni dampak positif atau malah dampak negatif. Bila dalam pengamatan anda tidak ada perkembangan hidup yang dirasakan setelah berpapasan dengan banyak teman, foto, video, status, tulisan dan konten positif lainnya. Silahkan buang gadget/ smartphone/ tablet/ laptop anda karena tidak membawa perubahan positif dalam kehidupan melainkan keburukan. 
Baca juga, Cara menilai kebenaran sebuah tulisan di internet
Perkembangan kehidupan sendiri dapat kita amati dari status dan konten yang kita publish atau rahasiakan dari orang lain. Tanda kemajuan atau kemunduran, itu seperti ini, mungkin anda mengalami salah satu diantaranya :
  1. Pada awalnya kita lebih suka merahasiakan kehidupan ini dengan menyetel privasi “hanya saya” atau “teman” sekarang sudah lebih terbuka dengan pengaturan “privasi publik”.
  2. Sebelum-sebelumnya kita lebih senang tarok foto artis idola di wall bahkan di foto profil sekarang sudah lebih berani unjuk gigi sendiri sekalipun “kelihatan ompongnya” 
  3. Yang sudah-sudah kita lebih suka mengkibuli orang tentang profil tempat tinggal, pekerjaan, jabatan yang tinggi-tinggi sekarang justru ngepost “indahnya hidup di desa di tanah sendiri”.
  4. Kalau dahulu status kita lebih banyak mengeluh kepada jagad maya maka sekarang justru turut memberi dukungan dan semangat positif kepada teman-teman disana.
  5. Kemungkinan dahulu kita sangat cepat me-like apalagi meng-share semua konten aneh yang di temukan di media sosial. Akan tetapi sekarang, kita sangat hati-hati, memeriksa dahulu kebenaran sebuah informasi barulah dishare ke teman-teman yang lain.
  6. Apabila di awal-awal masuk facebook, twitter & G+ kita lebih sering share foto-foto diri sendiri (masih jomblo ngenes pulak ckckckkk) sekarang fotonya jadi rame-rame atau paling tidak berdua dengan pasangan hidup.
  7. Jika dahulu kita lebih sering update status (bahkan tiap jam) maka sekarang lebih jarang karena kesibukan positif di dunia nyata.
  8. Dulu kita banyak musuh dan suka menyindiri dan caci maki mereka di status sendiri sekarang pembenci kita sudah lebih banyak lagi lalu status kita motivasi dan semangat perubahan.
  9. Di waktu yang lampau kita lebih suka mojokin orang sedang sekarang kita lebih senang mendukung kaum terpinggirkan.
  10. Di masa lalu kita lebih intens melakukan interaksi di media sosial sedangkan sekarang lebih giat menjalin hubungan baik dengan lebih banyak orang di dunia nyata.
  11. Sebelumnya lebih senang meng-copy-paste karangan dari penulis lain, nah sekarang lebih baik menyusun kata-kata sendiri.
  12. Dahulu anda menulis status pendek sekarang sudah mahir menulis cerita berdurasi panjang.
 Demikian saja teman. Semoga setiap dari kita dapat memetik kebaikan dari semua rutinitas yang kita jalani sehari hari.

Salam online yuk....
Referensi: Ciri khas perekembangan hidup yang positif di media sosial

0 Response to "12 Tanda perkembangan kehidupan di media sosial internet"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama