18 Cara efektif dan alami menghilangkan mata panda - Ketika Lingkaran di sekitar mata menjadi trend yang keren



Mata panda adalah lingkaran hitam disekitar mata yang menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Kadang-kadan gejala kesehatan ini diikuti dengan munculnya kantung mata. Tidak hanya orang tua melainkan anak anda dirumah juga beresiko memiliki tanda-tanda yang kurang enak dilihat ini. Oleh karena itu pastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh keluarga mencukupi dan seimbang tidak hanya secara jumlah melainkan lebih ke nilai gizi yang terkandung didalamnya.

Ketika penyakit mata panda menjadi trend yang digemari oleh anak muda


Jaman sekarang trend yang berkembang dimasyarakat agak sedikit berbeda dan unik seputar lingkaran disekitar mata. Beberapa kalangan menganggap mata panda ini seperti celak yang membuat penampilan kelihatan lebih keren dan juga lebih angker (katanya, k'k'k'k). Ini membuat beberapa orang sengaja membubuhi make up disekitar mata bahkan yang lebih gilanya lagi sengaja membiarkan tanda-tanda kesakitan ini berlama-lama ditubuhnya sebab menimbulkan kesan bangga (katanya, k'k'k'k).


Masalah penampilan memang berbeda menurut pemandangan setiap orang. Jaman sekarang penampilan yang mengganggu seperti mata panda inipun bisa dikaburkan dengan meke up. Kecanggihan dan keahlian menggunakan kosmetik menjadi salah satu faktor penyebab mengapa mata panda ini tidak begitu mempengaruhi kehidupan seseorang. Sekalipun demikian lingkaran hitam ini tetap mengganggu penampilan terutama buat orang-orang terdekat dilingkungan keluarga sebab tidak mungkin juga anda make over setiap hari dan setiap detik.
Berikut, bahaya menggunakan make up setiap hari 
Kantung mata yang terbentuk seperti pada gambar yang paling atas masih sangat normal. Ini dialami oleh banyak orang dewasa. Yang bermasalah itu adalah ketika gejala yang timbul melebar kebawah lalu melengkung, tebal dan agak gelap membentuk lingkaran seperti mata panda. Ini adalah salah satu indikator penuaan. Jika masih 30-an tapi sudah mengalami tanda mata seperti ini karena penuaan dini. Sebaiknya, hati-hati memilih kosmetik dan konsumsi makanan yang sehat alami.

Penyebab timbulnya lingkaran mata panda dan kantung mata

Lingkaran hitam disekitar mata adalah salah satu indikator kesehatan yang bermanfaat untuk mengetahui penyakit anda yang sebenarnya. Sesungguhnya keadaan ini berlangsung akibat mengoperasikan mata diluar batas kemampuan normal. Mata yang terasa perih saat melihat/ menatap sesuatu adalah indikator yang menyatakan bahwa kondisi kesehatan yang sedang menurun dan/atau mata terlalu lama bekerja (over time). Berikut ini beberapa teori tentang timbulnya mata panda:

  1. Pada dasarnya mata yang terasa sakit/ perih dalam waktu lama beresiko menimbulkan mata panda dan lebam dibawah kulit.
  2. Apabila rasa sakit ini terus berlanjut dari hari ke kari niscaya kemunculan kantung mata tidak dapat dihindari lagi.
  3. Karena kekurangan cairan
  4. Darah kotor/ peredaran darah tidak lancar
  5. Daya tahan tubuh lemah.
  6. Asupan garam yang kurang.
  7. Lupa tidur. Seseorang yang terlalu sibuk sampai larut malam akan menyebabkan seseorang kehilangan waktu tidur yang berkualitas dimana pada saat itu mata terlalu lelah karena kurang istirahat.
  8. Jarang mengedipkan mata. Ini adalah trend baru juga. Mata melotot katanya keren padahal ini jelas tidak sehat.
  9. Kebiasaan membaca yang buruk
  10. Pencahayaan yang kurang saat membaca
  11. Karena menggosok mata dengan tangan.
  12. Setelah Menangis.
  13. Penyakit kronis.
  14. Sebuah gejala bawaan yang diturunkan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini diturunkan dari orang tua ke anak. 
  15. Bagian dari proses penuan. Jika anda sudah berumur (diatas 40 tahun) jangan mimpi jugalah untuk terbebas dari lebam disekitar mata sebab umur memang sangat erat kaitannya dengan keadaan ini.

Cara alami yang efektif untuk mencegah dan menghilangkan lingkaran hitam dan kantung disekitar mata

Dari semua penyebab kesehatan diatas dapat kita katakan bahwa mata panda dikaitkan dengan kebiasaan buruk dan kesehatan yang terganggu. Oleh sebab itu berikut kita berikan cara alami dan efektif mencegah, mengatasi, dan menghilangkan gejala penyakit ini.

  1. Memperbaiki kebiasaan begadang. Tidak salah jika anda tidur sampai larut malam atau bangun dan beraktivitas ditengah malam. Hanya saja pastikan anda melakukannya untuk sesuatu yang bermanfaat, penuh pertimbangan dan persiapan.
    Perbaiki kesehatan anda
  2. Minum Air putih 2 liter perhari (8-10 gelas perhari). Ini penting untuk menjaga stabilitas cairan dalam tubuh anda.
  3. Konsumsi  herbal ajaib untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah penyumbatan dalam pembuluh kapiler yang menyebabkan warna kehitaman diatas kulit. Herbal alami yang saya maksud terdiri dari bawang putih, bawang merah dan jahe.
    Dimakan mentah lebih bagus namun diikutkan dalam setiap masakan kita juga tidak masalah (sebagai bumbu dapur). Pastikan setiap hari untuk melakakukannya.
    Selengkapnya apa itu herbal ajaib ?
  4. Konsumsi buah dan sayur. Buah yang kami anjurkan adalah yang asam-asam bila perlu setiap hari salah satu yang terbaik adalah jeruk nipis, konsumsi satu buah setiap pagi setelah sarapan.
    Selengkapnya apa manfaat jeruk nipis ?.
  5. Jaga asupan garam. Kebutuhan NaCl harian berkisar antara 1/2 sampai 1 1/2 sendok teh (9 gram) perhari untuk orang dewasa. Elektrolit jenis ini sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit infeksi dan turut meremajakan kulit. Konsumsi perhari yang cukup dapat membantu meringankan gejala kantung mata yang sedang anda alami.
    Kami juga merekomendasikannya untuk diterapkan secara langsung pada mata yang sakit. Silahkan baca tulisan berikutnya tertera dengan jelas cara menggunakannya.
  6. Jaga kesehatan dengan memperhatikan pola hidup sehat, seimbang dan alami untuk mencegah anda mengidap penyakit akut & kronis. Bila masih belum mengerti bagaimana caranya menjaga kesehatan maka lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi.
    Perbaiki Kebiasaan buruk dalam menggunakan mata
  7. Hindari menggosok mata dengan kedua tangan/ jari tangan anda. Tangan adalah salah satu tempat banyak kuman bersarang. Jika mata terasa perih silahkan usapkan/ bersihkan mata anda dengan menggunakan bantuan tisue.
  8. Saat fokus menatap sesuatu dalam waktu yang cukup lama seperti saat membaca, menatap layar gadget, laptop, televisi dan layar LCD lainnya. Usahakan untuk senantiasa mengedipkan mata dalam jangka waktu tertentu, misalnya sekali dalam 10 detik agar mata senantiasa lembab.
  9. Jarak membaca buku/ layar monitor minimal 30 cm.
  10. Saat membaca usahakanlah pencahayaan lampu cukup terang dan membuat anda terasa nyaman melakukan aktivitas ini.
  11. Hindari membaca dengan posisi tidur teman.
  12. Apabila mata anda sudah mulai terasa lelah yang disertai dengan rasa perih dan sakit, istrahatlah sejenak. Tutup mata disela-sela aktivitas anda barang 2 - 3 menit saja atau bila perlu luarngkan sedikit waktu (kira-kira 30 menit) untuk tidur.
    Melakukan tindakan rehabilitasi jika gejala mata panda muncul
  13. Manfaatkan es batu yang dibungkus dengan kain.
  14. Kantung teh bekas
  15. Potongan mentimun
  16. kentang
  17. Bengkoang
  18. Menggunakan air dan garam

Cara mudah dan murah  mengatasi penyakit kantung mata yang sudah jelas terlihat

Harap diperhatikan bahwa cara ini  anda gunakan  bila  kantung mata sudah mulai terbentuk di sekitar mata anda. Ini adalah upaya rehabilitasi yang dapat anda giatkan untuk hasil yang lebih nyata dan jelas. Berikut selengkapnya :

1. Es batu

Berikut prosedur meringankan gejala lebam  dimata :
  • Gunakan 2 - 3 blok es batu dari ice blocker dalam kulkas anda
  • Atau bisa juga pecahkan es batu berukuran besar hingga berukuran kira-kira sebesar telur ayam kampung.
  • Masukkan es batu dalam kain bertekstur halus (misalnya sapu tangan), persiapkan dua bagian untuk masing-masing mata anda...
  • Tunggu dan biarkan dinginnya meresap selama 15 - 30 detik (tergantung ketebalan kain yang digunakan).
  • Dalam posisi berbaring dan mata tertutup letakkan es tersebut di atas mata anda TANPA MENEKANNYA.
  • Sesekali angkat es dari mata bila dinginnya tidak tertahankan..
  • Lakulan ini selama 15 - 20 menit dalam sehari.

2. Kantung teh bekas

Berikut ini cara pemanfaatan kantung teh bekas untuk menghilangkan kantung mata yang sudah mulai kelihatan disekitar mata anda.
  • Ambil 2 kantung teh bekas.
  • Rendam dalam air hangat selama 15 detik.
  • Angkat lalu biarkan diatas tisue selama 15 detik.
  • Dalam posisi berbaring sambil mata tertutup, letakkan kantung teh ini di atas mata TANPA TEKANAN.
  • Lakukan hal ini selama 15 menit setiap harinya.

3. Potongan mentimun

Berikut ini cara menghilangkan mata panda yang sudah terlanjur muncul di sekitar organ penglihatan anda.
  • Manfaatkan sebuah mentimun, cuci bersih lalu tunggu sampai kering (keringkan dengan tisue).
  • Iris beberapa potong secara simetris melingkar.
  • Dalam keadaan berbaring dan meta tertutup, letakkan salah satu potongan mentimun tadi diatasnya TANPA MENEKANN YA.
  • Lakukan hal ini selama 15 menit dalam sehari.

4. Kentang

Teknik menjaga mata tetap segar dengan memanfaatkan kentang, yakni:
  • Gunakan umbi yang berukuran sedang, kupas kulitnya lalu bersihkan di bawah air yang mengalir.
  • Kemudian parut atau bisa juga di blender sampai halus
  • a) Ambil kain berbahan tipis (biasanya sapu tangan)
    b) lalu isikan bahan yang sudah dihaluskan kedalamnya hingga berbentuk bola pingpong.
    c) Ikat pangkalnya dengan karet gelang agar lebih ketat
    d) buat sebanyak 2 buah.
  • Manfaatkan stopwach smartphone/ jam beker atur alarmnya sampai 15-20 menit.
  • Silahkan berbaring, tutup mata lalu letakkan kedua bola kentang tadi pada masing-masing.
  • Ketika alarm berbunyi, itu artinya anda sudah berhasil merawat organ ini.

5. Bengkoang

Trik membuat bengkoang untuk meringankan kelelahan disekitar indra penglihatan anda.
  • Gunakan yang berukuran sedang, kupas kulitnya lalu bersihkan di dengan air yang mengalir.
  • Kemudian parut atau bisa juga di blender sampai halus
  • a) Ambil kain berbahan tipis (biasanya sapu tangan)
    b) lalu isikan bahan yang sudah dihaluskan kedalamnya hingga berbentuk bola pingpong.
    c) Ikat pangkalnya dengan karet gelang agar lebih ketat
    d) buat sebanyak 2 buah.
  • Manfaatkan stopwach smartphone/ jam beker atur alarmnya sampai 15-20 menit.
  • Silahkan berbaring, tutup mata lalu letakkan kedua bola bengkoang tadi pada masing-masing.
  • Ketika alarm berbunyi, itu tandanya anda telah selesai merawat mata dengan baik.

6. Menggunakan air dan garam

Ingatlah bahwa ketika garam terkena mata akan terasa perih. Oleh karena itu perhatikan tips berikut:
  • Ambil gelas kecil, isi air hingga setengahnya (50 cc), tambahkan setengah sendok teh garam.
  • Buat bola kapas sebesar bola pingpong lalu digulung-gulung agar lebih padat.
  • a) Celupkan bola kapas tersebut kedalam air garam
    b) Peras hingga setengahnya (jangan sampai kering). Dimana kapas masih terasa basah namun airnya tidak menetes.
    c) Buat sebanyak 2 buah.
  • Siapkan stopwatch smarthphone/ jam alarm atur alarmnya setelah 15-20 menit.
  • Berbaringlah dengan santai, tutup mata lalu letakkan kedua bola kapas itu pada masing-masing.
  • Saat alarm berbunyi, itulah yang menandakan proses perawatan kulit sekitar mata sudah selesai.
Pada penggunaan bahan alami di bagian luar tubuh memang mendapat efek yang baik. Tapi ingat juga untuk menutrisi kulit dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami. Pemijatan saat melakukan preaktek ini masih dimungkinkan namun jangan terlalu sering dan jangan terlalu kuat menekan agar organ ini tidak mengalami gangguan (misalnya kemerahan, sakit dan lain-lain).

Jika kita ingin sehat, harusnya perjuangan kita lebih lagi dan pengorbanannya juga harus ada. Tidak ada kesehatan yang gratis teman. Menjaga kesehatan itu lebih murah daripada mengobati/ merehabilitasi penyakit yang sudah menunjukkan gejala seperti kantung mata dan mata panda. Sebab kesehatan itu investasi teman.

Salam sehat panjang umur!

0 Response to "18 Cara efektif dan alami menghilangkan mata panda - Ketika Lingkaran di sekitar mata menjadi trend yang keren"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama