7 Cerita hantu yang mengandung pesan moral dibaliknya - Mengapa orang tua jaman dulu suka menceritakan kisah hantu seram


Bagi anak-anak yang masih kecil, cerita hantu sangat efektif untuk menakuti mereka. Nasehat seperti ini sudah seharusnya kita tinggalkan agar orang tua bebas dari rasa bersalah karena berbohong terhadap anaknya sendiri. Mulailah menasehati anak lewat fakta dan realita yang sebenarnya. Cerita seram hanya akan membuat mereka tidak pernah dewasa.

Mengapa orang tua jaman dulu (kakek dan nenek) suka menceritakan hal-hal yang berbau mistis

Cerita hantu yang sering kita dengar dari orang tua hanyalah sebuah mitos yang tidak pernah terbukti kebenarannya. Jika di pikir-pikir kembali, kisah-tersebut sebanarnya hanyalah sebuah ancaman agar kita lebih waspada dalam menjalani hari. Berikut ini akan kita bahas mengapa kakek-nenek kita jaman dulu suka menceritakan kisah-kisah misteri yang menakutkan bagi anak dan cucu-cucunya.
  1. Agar kita lebih hati-hati
  2. Agar kita tidak ngotot untuk mengunjungi suatu tempat yang beresiko
  3. Agar kita takut melakukan hal-hal yang melanggar adat istiadat
  4. Agar kita lebih patuh kepada mereka

Mitos hantu yang mengandung pesan moral

Zaman sekarang hantu itu tidak ada. Berikut ini Akan kita bahas cerita hantu yang unik dan sering kita temukan disekitar yang sebenarnya mengandung pesan moral dibalik cerita yang sebenarnya.
  1. Hutan bambu itu ada setannya : Artinya, jaga lingkungan dan jangan memperlakukannya sembarangan apalagi membabatnya sampai habis karena dapat mengganggu keseimbangan alam dan menyebabkan longsor.
  2. Jangan sembunyi dibawah kolom meja/ kursi/ tempat tidur, disana hantunya seram-seram : Artinya kolom meja/ kursi/ tempat tidur dan kolom-kolom lain keadaannya kotor dan bisa saja berisi serangga berbahaya. Oleh karena itu orang tua melarang anak masuk kesana dengan cara menakutinya.
  3. Apabila matahari telah jatuh diufuk barat, jangan masuk hutan. Disana angker dan banyak makhluk jadi-jadian: Artinya agar anak-anaknya tau waktu bermain, jangan sampai kebablasan dan tidak pulang kerumah padahal sudah maghrib.
  4. Kisah tentang kuntilanak yang bangkit dari kubur : Artinya, zaman dulu tingginya angka kematian ibu hamil tinggi sekali sebab masyarakat belum mengenal gaya hidup sehat sepenuhnya. Menyaksikan hal itu, ada kekhawatiran buyut kita, jangan-jangan ibu hamil diguna-gunai/ santet oleh dukun setempat. Oleh karena itu isu tentang setan kuntilanak yang bangkit dari kubur disebarkan untuk menakuti dukun/ tukang santet dizaman itu.
  5. Jenazah yang belum dibuka tali pocongnya akan berkeliaran dan menghanti masyarakat, : Artinya agar para laki-laki lebih serius menguburkan jenazah dan jangan mengabaikan setiap kaidah yang sudah ditetapkan.
  6. Rumah angker. Banyak orang diluar negeri yang meneliti berbagai rumah hantu yang ada disekitar mereka dan pada akhirnya sebuah fakta ilmiah mengungkapkan bahwa struktur rumah yang dimaksud tidak baik dalam hal sirkulasi udara sehingga membuat orang-orang didalamnya kekurangan oksigen hingga akhirnya mengalami halusinasi dan seolah-olah melihat arwah gentayangan yang dibayangkannya sendiri (hanya ada dalam pikirannya).
  7. Jangan terlalu lama berkeliaran dihutan nanti dibawa lari oleh setan rimba, Artinya, Jika masuk hutan jangan sampai larut malam sebab bekal minum yang sudah habis akan membuat tubuh kekurangan cairan (dehidrasi) sehingga membuat seseorang melihat hal-hal yang aneh berupa fatamorgana yang sebenarnya tidak nyata.
  8. Dan masih banyak lagi mitos-mitos lainnya yang sesungguhnya hanya modus untuk menakut-nakuti kita.
Itulah semuanya kawan tentang kisah fiksi yang sebenarnya tidak nyata namun seolah dibenar-benarkan oleh beberapa kalangan untuk tujuan-tujuan sempit. Marilah mulai memandang hal-hal yang seperti itu sebagai mitos untuk membuat kehidupan kita menjadi lebih baik. 

Jika teman-teman memiliki cerita seram lainnya yang sebenarnya mengandung pesan moral dibaliknya, tolong di share agar wawasan kita bertambah.

Salam revolusi mental

0 Response to "7 Cerita hantu yang mengandung pesan moral dibaliknya - Mengapa orang tua jaman dulu suka menceritakan kisah hantu seram"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama