Tidak mudah Bermain Gitar


Musik adalah obat penenang yang ampuh saat hati lagi sedih dan gundah. Menjadi salah satu alternatif untuk menimbulkan kesan rileks saat menghadapi tekanan, baik dari dalam maupun dari luar. Skill bermain musik juga sangat dibutuhkan dalam moment bersama keluarga, saudara dan sahabat agar lebih menyatu dalam suasana santai bersama.

menurut saya cara tercepat untuk menguasai gitar ya tentu saja belajar dan berlatih dengan semangat dan tekat, baik berlatih sendiri dengan teman atau mengikuti kursus gitar. Bermain gitar adalah suatu keterampilan, bukan seperti matematika atau fisika yang mempunyai cara cepat untuk menguasai rumus-rumusnya.

Bermain gitar adalah proses pembelajaran yang tak akan pernah ada kata TAMAT bahkan pemain gitar yang paling mahir pun tetap belajar dengan terus bermain gitar. Bermain gitar tidak hanya melibatkan kepandaian psikomotorik tapi juga harus melibatkan sensorik artinya perasaan kita juga harus menyatu dengan permainan gitar. 

Sekilas info saja teman bahwa permainan musik yang indah khususnya gitar akan terasa indah jika orang lain yang mendengarkannya bisa merasakan SOUL dan ucapan syukur dari permaian musik tersebut.

Berikut ini beberapa artikel copas seputar permainan gitar yang berkualitas. Mengapa copas? Soalnya kalau di search di Internet soal cara bermain gitar lebih banyak yang tidak rekomended alias bias dan sebagiannya lagi malah jualan tutorial. :D Artikel dibawah ini merupakan hasil blogwalking yang saya peroleh dari situs terpercaya sabda.org dan fansmuzic.blogspot.co.id.

5 Teknik Dasar Bermain Gitar


Skill bermain gitar membuat suasana di berbagai perkumpulan tidak menjadi kaku dan lebih bergairah. Skill semacam ini memanng tidak hanya didapat dalam waktu singkat. Tapi 5 tips berikut ini mungkin dapat membantu jika Anda melatihnya secara konsisten selama minimal 3 hulan, dan setiap harinya selama 1 hingga 2 jam.

1. Jangan Lupa Kunci

Kunci adalah nyawa dari permainan gitar. Tanpa kunci, meski kita tahu semua jurus ritem, dijamin kita tidak akan pernah tahu bunyinya seperti apa. Pelajarilah semua kunci dasar seperti C, D, E, F, (3, A, B) beserta semua bentuk minor dan #nya (kecuali untuk kunci B memakai bentuk Bb). Biasanya buku tentang kunci-kunci ini dijual bebas di pasaran. Satu tips yang patut diingat, sebenarnya bentuknya begitu-begitu saja. Jangan dibuat pusing dengan nama-nama yang berbeda. Contoh: bila kunci C digeser sejauh 2 fret akan menghasilkan kunci D, padahal bentuknya sama, hanya letaknya yang berbeda.

2. Dua Teknik Dasar

PETIKAN: Ketika memetik gitar, tidak perlu membayangkan harus seperti lagu "KKEB"-nya Andre Hehanusa atau "Tears In Heaven"-nya Eric Clapton. Sebaliknya, petiklah dengan sederhana seperti 3 contoh berikut ini:

Perhatikan posisi jari: jari jempol untuk 3 senar bas, sedangkan 3 senar lainnya dipetik oleh 3 jari pada gamhar.
Penyederhanaan: jari jempol=1, jari telunjuk=2, jari tenguh=3 dan jari manis=4.
 
1. 1-2-3.4.3-2 dengan l berpindah-pindah bas
2. 1-2-3-4-2 dengan 34 dipetik bersamaan
3. 1.234 dengan 234 dipetik hersamaan sebanyak 3x.

Setelah Anda nmencoba ketiganya, GABUNGKAN SEMUA TEKNIK! Memainkan lagu KKEB bukan impian lagi.

RITEM: Ini hal yang sebetulnya sederhana. Kalau pengamen jalanan saja tekniknya bagus, mengapa kita tidak? Alasan utama ketidak-mampuan ini adalah kurangnya latihan. Jika Anda sungguh serius, sisihkan waktu untuk melatihnya minimal 1 jam sehari. Latihan: Untuk ritem sederhananya dibagi menjadi ritem ke bawah dan ke atas. Untuk ke bawah= l dan ke atas=2.

1. 1-1-2-2-1
2. 1-2-2-1-2-2-1

3. Jangan Lupa Bawa Buku Nyanyian

Jaman sekarang sudah banyak buku lagu-lagu yang lazim digunakan dan sudah banyak dijual bebas di pasaran. Biasanya apa yang tertera di buku-buku semacam ini sudah disederhanakan sehingga menyanyikannyapun lebih mudah.

4. Berlatih Running Chord Untuk bernyanyi

Sebelum kita bisa membawa orang lain agar mengalami saat yang indah dalam memuji & bermazmur bagi-Nya, kita harus mengalaminya terlebih dulu. Cobalah untuk berdiam diri dengan bermazmur bagi-Nya dengan menggunakan running chord 4/4 seperti misalnya (jika bermain di kunci C): C-F, C-AmDm-G, F-Em-Dm-G. Semakin sering dilantunkan, feeling Anda akan semakin terasah dan Anda akan terheran-heran melihat perkembangan skill Anda.

5. Percaya Diri

Percaya diri! That's the best thing. Untuk pemula, anggap saja bahwa kesalahan itu hal yang lumrah (terutama biasanya salah kunci), lanjutkan saja sambil tertawa bersama teman-teman Anda. Dijamin, mereka semua pasti ikut tersenyum. Toh pada akhirnya, bukan permainan gitar/ nyanyian kita yang diterima oleh-Nya, tapi kesungguhan hati kita.**

Tips lainnya yang tidak kalah menarik :
  • Berusahalah untuk tidak tergantung pada kunci jika anda sedang main gitar sambil bernyanyi. Tetapi kuncilah yang mengiringi suara anda.
  • Pelajari kunci dasar dengan cara :  mmmm misalnya kunci F jika di geser 2 klom kunci itu akan berubah jadi kunci G - dan di geser lagi 2 klom kunci akan brbh jd kunci A begitulah seterusnya.
  • Belajar senam jari. Sama seperti sarapan pagi. Maksudnya pertama memegang gitarnya pertama kali kita memegang gitar, kita latih jari kita degan jalur, dan jalur itu juga bisa langsung kiat sendiri yang buat. Misalnya jari telunjuk di kolom 1 pd senar 6, jari tengah kolom 2 pada senar 3, jari manis kolom 3 pada senar 6 dan jari kelingking kolom 4 pada senar 6, nah kita tinggal ikutin jalur itu sampai habis di grip gitar terakhir.
  • Pic gitar yang kita pegang pada saat memetik gitar/ sedang bermain melodi : Pic itu harus kita bolak balik. Usahakan saat main kunci balok semua senarnya harus keluar bunyinya.

Mengenal bagian-bagian gitar



Sebelum bermain gitar, alangkah baiknya jika kita mengenal bagian-bagian gitar terlebih dahulu agar dapat menggunakannya lebih maksimal lagi. Berikut selengkapnya.

KETERANGAN:
  1. Tuning Machines: berfungsi sebagai alat untuk menyetem/menyetel/menstem (tuning) senar gitar sehingga menghasilkan nada sesuai dengan keinginan kita. Kalau kamu belum tau apa itu menyetem/men-stem.
  2. Headstock: bagian yang berfungsi menahan senar dan tuning machines
  3. Nut: berfungsi untuk mengatur penempatan senar agar tetap konsisten pada tempatnya
  4. Neck:berfungsi untuk meletakkan fretboard, tuners(tuning machines) dan headstock
  5. Fingerboard(Fingerboard): kayu dengan pematang(fret) logam melintang untuk membagi wilayah nada
  6. Fret: logam melintang terletak di sepanjang Fingerboard untuk membagi wilayah nada
  7. Strap pin: untuk menahan selempang(strap) gitar
  8. Body: bodi/badan gitar
  9. Pickups: pendeteksi getaran senar dan mengubahnya dari energi mekanis menjadi energi listrik yang dikonversi oleh amplifier menjadi nada
  10. Bridge: Pengikat/penahan senar ke badan gitar
  11. End pin: untuk menahan selempang(strap) gitar
  12. Bar/vibrato/tremolo/whammy bar:pengatur modulasi getaran senar, ini ada dua jenis: a.bent down tremolo: tremolo yang hanya bisa menurunkan nada, b. updown tremolo(gambar blm ada): tremolo yang bisa menaik/turunkan nada-->
  13. Pickup selector switch: switch pengatur pickups untuk memilih pickup mana yang akan diaktifkan untuk menghasilkan variasi suara yang diinginkan
  14. Volume control: pengatur volume
  15. Tone control: pengatur kekuatan bass dan treble sound gitar
  16.  Output jack:penyambung gitar ke amplifier atau peralatan elektronik lainnya
  17. Strings(senar): senar terbuat dari nylon, steel(baja), nikel dst, untuk menghasilkan nada.

Cara men-stem / menyetem Gitar

Bagaimana men-stem gitar yang benar?. Menyetem / men-stem adalah sebuah proses mencari atau mencocokkan bunyi nada pada senar gitar. Kalau gitar belum di-stem, maka suara gitar tidak enak atau bisa dibilang ngawur. Ada 2 cara dalam men-stem gitar, yaitu :

1. Dengan menggunakan pendengaran

Dalam menstem gitar biasanya hanya dengan pendengaran saja, karena hal ini merupakan cara men-stem gitar yang paling praktis dan juga harus memiliki feeling yang kuat. Caranya sebagai berikut :
  • Stem dulu pada senar no.1 atau senar paling bawah jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendor
  • Apabila senar no.1 sudah di stem, tekan senar no.2 dengan pada kolom ke-5 dan samakan dengan senar no.1 tanpa ditekan atau los.
  • Senar no.3 ditekan pada kolom ke-4 dan samakan dengan nada senar no.2 tanpa ditekan atau los.
  • Senar no.4 ditekan pada kolom ke-5 dan samakan dengan senar no.3 tanpa ditekan.
  • Senar no.5 ditekan pada kolom ke-5 dan samakan dengan senar no.4 tanpa ditekan.
  • Senar no.6 ditekan pada kolom ke-5 dan samakan dengan senar no.5 tanpa ditekan.

2. Dengan Alat Musik

Ada pula yg menggunakan alat musik lain (piano/keyboard).
  • Menyamakan senar no.1 pada nada E
  • Menyamakan senar no.2 pada nada B
  • Menyamakan senar no.3 pada nada G
  • Menyamakan senar no.4 pada nada D
  • Menyamakan senar no.5 pada nada A
  • Menyamakan senar no.6 pada nada E

Cara Membaca Tablatur Gitar

Tablatur berfungsi untuk membaca nada-nada pada fret / kolom gitar.
Contohnya :
1---------------------
2---------------------
3---------------------
4---------------------
5---------------------
6---------------------
Keterangan :

  • Nomer 1 yg paling atas adalah senar nomer 1 pada gitar. Ingat!!! Senar nomer.1 adalah senar yang paling bawah sendiri,
  • Lalu nomer 2 pada tab(Tablatur) adalah senar nomer.2 pada gitar. Yang trletak diatas senar nomer.1 atau senar paling bawah,
  • Dan seterusnya.

Jika di tablatur ditulis seperti ini,
1---3----------------
2------4-------------
3----------5---------
4--------------6-----
5--------------------
6--------------------

Maka, yang harus ditekan dulu adalah senar no.1 pada fret atau kolom 3.
Senar no.2 pada fret ke-4.
Senar no.3 pada fret ke-5
Senar no.4 pada fret ke-6

Senam Jari Bagian ke 1-3


Dalam permainan gitar membutuhkan 2 tangan yang kompak. Antara tangan kiri dan kanan. Berikut cara melatih tangan kiri anda. Senam jari adalah proses dasar dalam belajar gitar. Tujuan dari Senam Jari adalah untuk merenggangkan / melemaskan tangan kirimu yang kaku. Berikut adalah beberapa tablatur untuk Senam Jari.

Contoh senam jari bagian 1

1---1-2-3-4------------------------------------------------------------
2--------------1-2-3-4-------------------------------------------------
3-------------------------1-2-3-4--------------------------------------
4------------------------------------1-2-3-4---------------------------
5-----------------------------------------------1-2-3-4----------------
6----------------------------------------------------------1-2-3-4-----

KETERANGAN:
  • Nomer 1 sampai 6 adalah senar gitar. Yang mana no.1 adalah senar no.1 pada gitar(Senar paling bawah).
  • Nomer 1 sampai 4 adalah Fret atau kolom gitar.
  • Gunakan teknik alternate picking (atas dan bawah).
  • Gunakan pick yang tidak terlalu tipis atau terlalu tebal. pick yang ideal berukuran 1,5 mm.

Contoh Senam Jari bagian 2

1------------------------------------------------------1-2-3-4---
2--------------------------------------------1-2-3-4-------------
3----------------------------------1-2-3-4-----------------------
4-----------------------1-2-3-4----------------------------------
5-------------1-2-3-4--------------------------------------------
6---1-2-3-4------------------------------------------------------

Contoh Senam Jari 3

1---1-2-3-4--2-3-4-5--3-4-5-6--4-5-6-7--5-6-7-8---
2--------------------------------------------------------------
3--------------------------------------------------------------
4--------------------------------------------------------------
5--------------------------------------------------------------
6--------------------------------------------------------------

Tips:
  • Lakukan senam jari minimal 30 menit sehari (Pagi hari).
  • Sering Sharing dengan musisi atau teman yang levelnya lebih dari kita.
  • Berlatih gitar minimal 3 jam sehari.
  • Jangan putus asa jika kamu gagal dalam segala sesuatu. Kebanyakan orang putus asa dikarenakan bosan terhadap apa yang dia lakukan yang selalu gagal.

Teknik Arpeggio dan sweeping


Arpeggio adalah pemecahan chord. Jadi seluruh nada yang terkandung dalam chord yang dimainkan. Arpeggio merupakan teknik pemilihan nada. Untuk permainannya dapat dengan cara sweeping atau denagan 2 atau 3 senar. Sedangkan Sweeping adalah penyapuan senar dengan satu arah. Atas dan bawah.

LATIHAN ARPEGGIO

lakukan dengan tempo yang paling lambat dulu.

--9-5---------9-14-9------------9---
-------7----7---------10-----10------
----------6---------------11----------
--------------------------------------
--------------------------------------
--------------------------------------


--7-------------9-5------------------
----9-6----6-9------7---------------
---------7-------------6-------------
-------------------------------------
-------------------------------------
-------------------------------------

SWEEPING

menggunakan Chord D minor
-------------------------------------------------------
-----------------------5 (atas)------------------------
----------------6 (bawah)--6 (atas)-------------------
-----------7 (bawah)-----------7 (atas)---------------
------7 (bawah)--------------------7 (atas)-----------
-5 (bawah)------------------------------5 (bawah)---

tulisan di dalam kurung atas atau bawah adalah arah sapuannya. 

KELUARGA ACHORD

Mungkin sebelumnya anda merasa kesulitan dalam mencari achord/kunci gitar dalam sebuah lagu, sekarang setelah anda membaca dan memahami artikel dibawah ini dijamin anda semakin lancar dalam mengiringi sebuah lagu.

Keluarga Achord

dasar C :maka kunci yg berkaitan hanya F G Em Am Dm
dasar D :maka kunci yg berkaitan hanya G A F#m Bm Em
dasar E :maka kunci yg berkaitan hanya A B G#m C#m F#m
dasar F :maka kunci yg berkaitan hanya Bb C Am Dm Gm
dasar G :maka kunci yg berkaitan hanya C D Bm Em Am
dasar A :maka kunci yg berkaitan hanya D E C#m F#m Bm
dasar B :maka kunci yg berkaitan hanya E F# D#m G#m C#m

Jadi kalau ada sebuah lagu bernada dasar C,maka kunci selanjutnya adalah F G Em Am Dm. Dst

Teknik Alternate Picking

Teknik Alternate Picking sangat penting bagi para gitaris dalam bermain dengan tempo yang cepat, dengan teknik ini setiap not yang ada dibunyikan dengan Picking yaitu up down (bagi yang ga tau artinya up down adalah atas bawah ^-^) Picking adalah penggunaan pick untuk memetik senar gitar. Pick adalah alat untuk memetik senar gitar. Pick yang ideal berukuran 1,5 mm.
Untuk melatih teknik ini,diperlukan sinkron antara tangan kiri dan tangan kanan.

Berikut adalah contoh tablatur untuk berlatih Alternate Picking :

Contoh 1

1---1-2-3-4-----------------------------------------------------
2-------------1-2-3-4-------------------------------------------
3-----------------------1-2-3-4---------------------------------
4---------------------------------1-2-3-4-----------------------
5-------------------------------------------1-2-3-4-------------
6-----------------------------------------------------1-2-3-4---

KETERANGAN :
  • Untuk Fret ganjil (fret 1 dan 3) arah petikan pick kebawah.
  • Untuk Fret genap (fret 2 dan 4)arah petikan pick keatas.
  • Itulah yang disebut Teknik Alternate Picking UP DOWN.
Contoh 2

1---------------------------------------------------1-2-3-4
2-----------------------------------------1-2-3-4----------
3-------------------------------1-2-3-4--------------------
4---------------------1-2-3-4------------------------------
5-----------1-2-3-4----------------------------------------
6-1-2-3-4--------------------------------------------------

KETERANGAN :
  • Untuk Fret ganjil (fret 1 dan 3) arah petikan pick kebawah.
  • Untuk Fret genap (fret 2 dan 4)arah petikan pick keatas.
Contoh 3

1--1-2-3-4--2-3-4-5--3-4-5-6--4-5-6-7--5-6-7-8
2----------------------------------------------------------
3----------------------------------------------------------
4----------------------------------------------------------
5----------------------------------------------------------
6----------------------------------------------------------

KETERANGAN :
  • Untuk Fret ganjil (fret 1 dan 3) arah petikan pick kebawah.
  • Untuk Fret genap (fret 2 dan 4)arah petikan pick keatas.
Contoh 4 Tangga nada G
1-------------------------------------5-7-8
2------------------------------5-7-8-------
3-----------------------4-5-7--------------
4----------------4-5-7---------------------
5---------3-5-7----------------------------
6--3-5-7-----------------------------------

Tips:
  • Berlatihlah dari tempo yang paling lambat dulu. Yang penting bunyi yang dihasilkan jelas.


Demikian saja teman. Sukses buat karier musiknya.
Salam santun!

0 Response to "Tidak mudah Bermain Gitar"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama