Cara Alami Mengobati Mata Terbakar Panas - Mengatasi mata sakit yang perih dan meriang



Mata adalah organ vital yang terdapat di kepala tepatnya diwajah bagian depan. Saking pentingnya mata itu posisinya tenggelam kedalam dan dilindungi oleh tulang tengkorak kepala. Manfaat organ yang satu ini sangat luas dan mencakup kemampuan penglihatan seluas hampir 180 derajat.

Menggunakan organ ini secara berlebihan kelak akan membuat mata menjadi lelah, berair, perih dan kadang terbakar. Mata bisa saja terkena iritasi ringat karena pengaruh debu dan kuman yang tersebar luas di udara. Oleh karena itu organ ini butuh perlindungan khusus agar tidak mengalami kemunduran fungsi penglihatan. 

Penyebab Mata Perih hingga terasa panas seperti terbakar

Istirahat yang tidak memadai

Stres di tempat kerja atau di rumah dan lingkungan tidur yang bising dapat menyebabkan menjadi kurang tidur di malam hari. Kurang tidur menyebabkan mata menjadi berat dan bengkak. Lingkaran hitam di sekitar mata juga akan terlihat jika seseorang tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Aktivitas di depan komputer 

Beberapa orang tidak ingin menyia-nyiakan waktu bahkan sepersekian detikpun di tempat. Menatap terus menerus layar monitor komputer dapat menyebabkan ketegangan pada mata.

Membaca 

Kutu buku suka membaca dan mereka ingin menyelesaikan membaca buku tanpa beristirahat. Hal ini dapat mengakibatkan mata lelah. Membaca berlebihan terus menerus dalam cahaya redup juga dapat menyebabkan ketegangan pada mata.

Pola makan 

Dehidrasi (minum air putih kurang dari 8-10 gelas perhari, 2 liter) dapat menyebabkan mata menjadi mudah lelah. Kurangnya vitamin B12, vitamin D, vitamin K dari makanan juga menyebabkan mata lelah.

Fisiologi 

Faktor Genetika dapat menjadi alasan untuk mata lelah, Penyebab Mata Bengkak atau perubahan warna pada mata. Faktor usia juga menyebabkan pengenduran otot-otot mata. Penyebab lain dari mata lelah adalah merokok, polusi lingkungan, pasokan oksigen yang tidak mencukupi

Cara alami mencegah dan mengobati mata perih dan sakit hingga terasa panas dan terbakar

Penglihatan yang baik membuat langkah kaki lebih pasti dan tubuh lebih seimbang dan mudah dikendalikan. Coba sajalah berjalan dengan menutup mata pasti terasa pontang-panting langkah kaki ini. Tanpa penglihatan yang baik kita juga mustahil dapat menikmati keindahan, kecantikan, ketampanan dan semua yang waw dan gemerlapan ini. Oleh karena itu jaga kesehatan mata anda teman.

Berikut cara menjaga kesehatan mata :
  1. Jarak mata dengan LCD idealnya adalah 50 cm - 70 cm
  2. Gunakan cahaya yang tidak terlalu redup dan tidak terlalu terang saat membaca.
  3. Atur kecerahan LCD laptop dan gadget pada posisi otomatis atau tidak terlalu terang juga tidak terlalu redup.
  4. Sering mengedipkan mata saat menatap layar multimedia gadget dan laptop
  5. Berhentilah sesaat setelah 60 menit/ satu jam menggunakan mata dan menatap layar LCD terus-menerus.
  6. Tatap dan bacalah tulisan-tulisan yang jaraknyanya kira-kira 20 kaki untuk merilekskan mata didepan layar LCD.
  7. Minumlah air 8-10 gelas perhari untuk menjaga tekanan intrakarnial didalam bola mata sehingga pandangan tidak mudah rabun.
  8. Isterahatkan mata anda. Jika sudah menggunakan mata secara maraton misalnya saat begadang. Maka alangkah lebih baik jikalau anda beristerahat dan mengambil waktu untuk tidur selama 1-2 jam sekaligus untuk mengisterahatkan mata yang sudah lelah sebelum kembali melanjutkan aktivitas seperti biasa .
  9. Konsumsilah jeruk nipis untuk meningkatkan antioksidan pada air mata agar tidak mudah terkena iritasi. Manfaat jeruk nipis sebagai buah ajaib yang baik dikonsumsi setiap pagi (satu buah) dapat mengurangi resiko terjadinya mata panas dan berair. Nyeruput jeruk jeruk nipis dapat mengobati mata terbakar akibat semalaman begadang. Nyeruput jeruk nipis dapat meningkatkan jumlah sel imun dalam air mata sehingga dapat melawan bakteri dan jamur yang tidak sengaja masuk kedalam mata.
  10. Silahkan ikutkan herbal ajaib (bawang putih, bawang merah dan jahe) dalam setiap masakan anda. Antioksidan yang terkandung dalam bumbu dapur ini bagus untuk mempertahan daya tahan tubuh keluarga tetap terjaga dan lebih baik dalam menghadapi penyakit.
  11. Tidak lupa juga menyarankan anda untuk menjaga asupan garam yang dikonsumsi setiap hari. Ini adalah mineral ajaib yang sangat berguna untuk mengisi cairan elektrolit tubuh termasuk cairan air mata. Kebutuhan garam per hari adalah 9 gram untuk orang dewasa atau setara dengan satu setengah sendok teh. Selalu konsumsi garam dalam kadar yang isotonik
Mata yang baik adalah awal dari hidup yang lebih baik dan lebih terpelajar. Lewat penglihatan kita dapat belajar banyak hal. Dengan langsung mengamati kejadian tertentu kita bisa belajar untuk lebih berpengalaman. Melihat hal-hal yang berbau pornografi dan seks bebas. Melihat dan belajar hal-hal yang tidak benar. Lewat mata kita bisa menjadi orang baik dan juga bisa menjadi orang jahat. Sekarang tergantung dari diri anda teman. Putuskan hidupmu bagaimana, semuanya ada ditanganmu teman.

Salam sehat alami
referensi : manfaat jeruk nipis

0 Response to "Cara Alami Mengobati Mata Terbakar Panas - Mengatasi mata sakit yang perih dan meriang"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama