Mitos yang Salah Tentang Minyak di Wajah



Banyak sekali rumor yang berkembang di masyarakat tentang minyak diwajah dan sebagian besar bahkan semuanya dari mitos itu membicarakan tentang keburukan minyak diwajah. Semua usaha ini semata-mata untuk menjauhkan setiap orang dari minyak. Mengapa? Karena minyak dikulit adalah zat essensial alami yang diproduksi oleh kulit sendiri untuk menjaga keremajaannya.

Produk-produk kimia jebolan pabrikan hanya menggantikan sebagian peran minyak dikulit. Pada dasarnya produk kimia ini mampu meremajakan kulit namun penggunaannya harus total dalam paket kecantikan (terdiri dari banyak produk) seumur hidup. Itu artinya biaya hidup yang kita keluarkan cenderung bertambah berkali lipat hanya untuk merawat kulit. Belum lagi masalah resiko iritasi karena bahan kosmetik yang di gunakan tidak sesuai/ cocok untuk kulit.

Masker unik – Oleh karena itu bagi setiap kita yang ingin hidup lebih simple namun tetap sehat, alangkah baiknya jika membiarkan kulit anda berminyak karena minyak itu dahsyat manfaatnya. Berikut beberapa manfaat minyak diwajah yang mungkin belum anda ketahui.
Simak juga, Wajah cerah dan merona selalu
  • Minyak diwajah disebut juga sebagai tabir surya alami.
  • Menghalagi masuknya debu ke dalam pori-pori.
  • Mengandung sel imunologi yang berfungsi menghambat dan membunuh kuman.
  • Sebagai kontrol dehidrasi kulit sehingga kulit tidak kering.
    Mencegah peluruhan pori-pori (yang menyebabkan kulit kehilangan kekencangan).
  • Menjaga temperatur di permukaan kulit menjaga kulit tetap kencang.
  • Sebagai agen anti penuaan dini dimana banyak produk kosmetik yang meniru cara kerjanya.
  • Jika minyak di wajah kelihatan berlebihan cukup di lap saja pake tissu biasa dan kalau mau yang lebih lembut bisa dengan tissue basah.
  • Lagi Rame iklan Televisi : minyak membuat wajah kusam. Ini informasi yang lebay Wajah kusam itu bukan karena minyak akan tetapi karena paparan langsung dengan sinar matahari. Atasi dengan masker jeruk nipis (apa itu? klik)
  • Pengalaman pribadi : dulu ketika merantau ke Jogja, pernah lihat nenek-nenek 60 tahun lebih masih segar dengan wajah tanpa keriput dan berminyak
Berikut ini juga manfaat kelenjar minyak secara ilmu sains dan terapan yang kita peroleh dari situs dosenbiologi.com. Kelenjar ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi kelenjar minyak pada kulit :

1. Membantu melembabkan tubuh
Baik kelenjar kulit yang mampu memproduksi keringat juga minyak, sama sama memiliki manfaat untuk melembabkan kulit. Baik keringat dan juga minyak ini akan bercampur bersama sama menjadi satu. Jika tidak ada campuran minyak, maka keringat akan sangat mudah menguap dan kurang mempan untuk melembabkan kulit. Ketika keringat mudah menguap, kulit akan lebih mudah kering.

2. Membantu mempertahankan keringat dikulit
Kulit yang kering tentu saja tidak baik untuk tubuh. Oleh sebab itu memerlukan minyak yang membantu mempertahankan kelembaban kulit. Keringat yang ada di atas kulit tidak akan bisa bertahan lama. Sebab keringat ini hanya berbahan dasar dari air dan zat asam. Salah satu cara agar keringat tetap bisa menempel di atas kulit adalah dengan bantuan minyak. Sekresi kelenjar minyak pada kulit akan membantu mempertahankan keringat menempel di atas kulit.

3. Menjaga kehalusan dan kelembutan kulit
Baik anda sadari atau tidak, bagi wanita yang memiliki keadaan kulit berminyak memiliki banyak  keistimewaan. Salah satunya adalah memiliki kulit yang lebih halus dan lembut. Keadaan minyak yang ada di atas kulit mampu membantu menghaluskan kulit kita. Maka semakin banyak kandungan minyak di atas kulit, semakin halus dan lembut pula kulit seseorang.

4. Menjaga keelastisan kulit
Selain memberikan manfaat untuk menjaga kehalusan dan kelembutan kulit, kelenjar minyak juga memberikan manfaat lain. Salah satunya adalah membantu untuk menjaga keelastisan kulit. Kulit semakin elastis akan terlihat lentur dan lebih fresh. Kulit yang semakin elastis akan tampak segar, berseri, dan lebih awet muda.

5. Aktif memberikan pelumas kulit
Kelenjar minyak aktif menjadi pelumas bagi kulit. Keadaan ini membantu untuk menjaga kelembaban dan keremajaan kulit. Dengan adanya pelumas ini membantu untuk merawat kulit agar tetap halus, lembut, terjaga, dan tetap remaja. Kulit dengan pelumas yang pas akan membantu merawat agar tetap tampak awet muda.

6. Menjaga kelembaban rambut kulit
Kelembaban kulit rambut perlu di jaga agar bisa membantu menghantarkan rangsangan. Rambut yang ada di kulit bisa membantu untuk menghangatkan tubuh saat terasa dingin. Maka jika keadaan rambut kulit tidak lembab, maka rambut tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

7. Menjaga agar kulit tidak mengkerut
Kulit yang sehat adalah kulit yang elastis, berwarna cerah, dan berseri seri. Jika kulit anda tidak seperti itu, kemungkinan kulit anda tidak dalam kondisi sehat. Semakin keadaan kulit sehat, maka kulit juga semakin elastis, lembut, dan halus. Tidak mengkerut seperti kulit orang sudah lanjut usia.

8. Membantu fungsi absorbsi kulit
Kulit juga memiliki sifat absorbsi. Maka kelebihannya bisa membantu untuk menyerap benda cair yang baik untuk tubuh. Misalnya anda menggunakan handbody yang memiliki kandungan vitamin yang pas untuk tubuh, maka kandungannya bisa masuk ke dalam tubuh. Minyak membantu untuk penyerapan dan kelarutan zat tersebut. Selain itu, juga membantu untuk proses penguapan zat zat yang tidak berguna untuk tubuh. Misalnya kandungan zat kimia yang tidak baik untuk tubuh. Misalnya adalah nacl (natrium klorida), asam urat, amoniak, serta urea. Keringat yang mengeluarkan zat zat tersebut. Tapi dalam proses pembuangannya di bantu oleh kelenjar minyak sendiri.

Kulit sebenarnya sudah bisa merawat diri sendiri. Namun kadang orang kurang percaya degan kemampuan tubuhnya. Maka mereka lebih suka merawat tubuh dengan bantuan salon yang menggunakan zat zat kimia tertentu. Padahal ini bisa berbahaya bagi kesehatan kulit.

Makanya teman. Jangan mudah percaya sama trend. Demikian teman. Salam awet muda
Sumber : Cara Untuk Menghilangkan Jerawat 

0 Response to "Mitos yang Salah Tentang Minyak di Wajah"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama