Cara Mengatasi dan Menghilangkan iRi HaTi


Iri hati – Kita tidak bisa sepenuhnya mengendalikan kehidupan ini karena terlibat dalam kemanusiaan yang bersosial. Apa yang terjadi disekitar selalu bisa mempengaruhi diri ini dan terkadang mengubah hidup kita lebih baik bahkan kadang juga lebih buruk.

Seperti di jelaskan sebelumnya bahwa iri hati itu semakin melebar dan membesar karena terbakar oleh ego ke-akuan. Oleh karena itu jalan pertama untuk menurunkan/ menetralisir rasa iri adalah dengan mengendalikan dan menekan ego sendiri.

Ketika kita menelisik dalam diri sendiri, ke-aku-an itu sangat kentara. Aku ingin begini, aku ingin begitu, mau ingin ini itu banyak sekali dan puncaknya adalah aku ingin menjadi segalanya…. Inilah yang berbahaya ketika kita menurut sama ego teman.

Cara paling ampuh menekan egoisme adalah mengakui keberadaan dan kehebatan orang lain sekecil apapun itu. pengakuan ini harus diikrarkan dalam hati dan diresapi dengan penuh ketulusan.  Ketika kita mampu menekan ego sendiri dan mengizinkan dan merestui orang lain untuk sukses maka inilah yang menjadi tiket bagi kita untuk menurunkan dan meringankan rasa iri hati.

Ketika kita melihat orang lain “setitik” lebih unggul dari diri ini. Katakanlah dalam hatimu, “Orang ini memang hebat”, “semoga dia bisa sukses”. Kalau boleh dan ini selalu saya lakukan dalam hati setiap melihat seseorang yang keunggulannya “secuil” dari diri ini dengan mengatakan Orang ini lebih hebat dariku, tolong dia Tuhan. Kata-kata ini otomatis merajam ulu hati sendiri, walau sedikit sakit akan tetapi lama-lama juga nanti terbiasa kok dan tidak sakit lagi. Lagi pula bukankah kita juga direstui dan diberkati kembali (hukum tabur tuai) ketika kita mendoakan kebaikan orang lain?

Lalu lihat efeknya teman. Pastilah ketika bertemu dengan orang itu lagi, hati kita lebih damai dan lebih tenang.

Akibat jika tidak bisa mengendalikan ego : “Orang yang tidak bisa mengakui kehebatan orang lain cenderung lebih mudah diseret dalam persaingan sesat”.

Demikian saja teman. Salam Revolusi Mental.
Sumber
cara mengatasi iri hati

0 Response to "Cara Mengatasi dan Menghilangkan iRi HaTi"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama