7 Cara Alami Membuat Suara Merdu


Suara adalah getaran yang dihasilkan lewat lembaran pita suara didalam tenggerokan. Lembaran yang tipis dan saling mengerut untuk menciptakan getaran yang enak didengar.  Nada-nada indah yang di lantunkan diatas panggung berasal dari getaran ini. Halus lembutnya tergantung dari jumlah getaran pita suara yang contimue dimana naik turunnya teratur dan cantik. 

Indahnya suara membuat orang yang mendengar kitapun terkesan bahkan terpesona. Banyak orang terkenal yang telah melakukan operasi plastik pembentukan pita suara. Hanya dengan uang jaman sekarang suara merdu bisa dibeli. Sekalipun demikian, operasi plastik ini dianggap ilegal oleh publik karena biar bagaimanapun publik menginginkan getaran yang natural bukan hasil otak-atik teknologi. Orang populer yang melakukan bedah pita suara akan menyembunyikan fakta ini dari publik agar popularitasnya tidak merosot karena dianggap tidak alami.

Sesungguhnya setiap manusia sudah dianugrahkan pita suara, hanya saja berbeda besar, bentuk dan ketebalannya. Kemudian yang sangat berpengaruh terhadap merdu tidaknya suara adalah artikulasi. Artikulasi yang baik terjadi saat udara yang melalui pita suara teratur dan berkesinambungan sehingga menghasilkan nada-nada yang enak didengar. 

Setiap dari kita punya warna suara dan pembawaan yang berbeda-beda. Ada yang suaranya lincah tapi tinggi (umumnya perempuan), adapula yang suaranya berat lebih ke rendah (rata-rata laki-laki). Semuanya tergantung dari gen yang diwariskan dari orang tua dan jenis kelamin masing-masing.

Harap dipahami bahwa suara bukanlah segalanya. Ini hanya sepotong "cake kesenangan" dari sekian banyak kebahagiaan yang bisa kita peroleh dari diri sendiri maupun dari hasil interaksi dengan orang lain. Jadi jangan pernah mendewakan suara teman. Bagi yang suaranya tidak merdu jangan berkecil hati teman, lihat masih banyak orang yang bisu diluar sana namun mereka masih bisa tersenyum hari lepas hari. Jadi, mengapa kita yang suaranya biasa-biasa saja ini tidak bersyukur lalu berbahagia karena kita masih dibaikkan pita suaranya?

Suara kinclong ternyata bisa dibentuk lho teman. Berikut tutorial selengkapnya :
  1. Bersuara merdu diawali dari tutur kata yang halus dan enak didengar sehari-hari. Kita lebih dominan bertutur kata ketimbang bernyanyi. Orang yang bisa memanage artikulasinya saat berbicara dengan orang lain niscaya mampu bernyanyi lebih indah suaranya dibandingkan orang yang sering berkoar-koar gak jelas dan gak enak didengar.
  2. Harus sering-sering menyanyi. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa salah satu faktor penting yang menentukan merdu tidaknya suara adalah kemampuan artikulasi. Artikulasi ini tidak dibawa sejak lahir akan tetapi diasah terus lewat latihan menyanyi.
  3. Sangat baik jika rutin berolahraga, setidaknya senam. Sadar atau tidak, olahraga turut membuat kita lebih tahan napas ujung-ujungnya nada suara bisa lebih teratur, panjang bahkan bila lebih tinggi.
  4. Hindari batuk dengan suara keras. Biar bagaimanapun juga struktur pita suara itu harus dijaga bentuk dan kelenturannya. Batuk dengan suara keras (disengaja dan terdengar lebay) bahkan membahana merusak struktur dan kelenturan pita suara hingga akhirnya mengakibatkan suara serak.
  5. Konsumsi air putih yang cukup (2 liter perhari atau 8 - 10 gelas perhari). Air membuat tenggorokan tetap basah artinya jauh dari dehidrasi yang kadang akan mengurangi kelenturan pita suara.
  6. Hindari konsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas. Segala sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh ini. Demikian juga halnya dengan minuman/ makanan yang terlalu dingin/ panas akan mengganggu elastisitas pita suara hingga membuat nada suara berubah sama-sekali.
  7. Konsumsi perasan jeruk nipis mengawali pagi hari yang indah agar tenggorokan tetap kinclong dan bebas dari kuman penyakit (virus dan flu). Tenggorokan yang sehat dan bebas bakteri adalah awal dari suara yang merdu. Tenggorokan yang sehat akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan organ ini sehingga dari hari ke hari ada kemajuan dalam pertumbuhan dan perkembangan pita suara.
  8. Tidak lupa juga menyarankan anda untuk mengkonsumsi garam dalam kadar isotonik. Ini adalah mineral ajaib yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tidak hanya bagi kesehatan saja melainkan juga di dalam segala lini kehidupan, manfaatnya kentara - dahsyat! Selain menjaga daya tahan tubuh, mineral ini juga turut mendetoksifikasi racun sehingga anda tidak mudah sakit. Kita membutuhkan garam pada kisaran 9 gram per hari untuk orang dewasa. Anda dapat menambahkannya pada masakan baik yang berupa makanan maupun minuman. Garam akan memberi rasa nikmat yang khas pada makanan tergantung dari jenisnya.
Itulah semua yang perlu dilakukan agar bisa bersenandung merdu dan menyenangkan diri sendiri. Demikian saja. terimakasih

Sumber :

9 Responses to "7 Cara Alami Membuat Suara Merdu"

  1. Jeruk emang bagus untuk dipelihara gan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Suara saya kok tambah ancur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung pita suaranya teman. Seorang laki-laki yang suaranya berciri khas berat dan besar tentu saja bila menggunakan resep di atas akan membuat suaranya makin serak.

      Oleh sebab itu, anda perlu manajemen intonasi yakni mengkontrol udara yang dikeluarkan saat sedang bernyanyi dan ini dimulai dari cara bertutur sapa sehari-hari.

      Seorang laki-laki yang pandai mengkontrol konsistensi jumlah udara yang lewat saat sedang bernyanyi akan membuatnya terdengar rendah dan cukup berwibawa di dengar orang lain.

      Jika hendak membuat suara anda lebih indah lagi maka manfaatkanlah resonansi yang dihasilkan oleh tenggorakan dan rongga mulut.
      Salam.....

      Hapus
  4. Thanks ya gan info nya.....
    Bermanfaat bgt nih

    BalasHapus
  5. Thanks ya gan info nya.....
    Bermanfaat bgt nih

    BalasHapus

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama