15 Cara Jitu Belajar Yang Baik Ala Anak Rantau


Belajar adalah harga mati bagi setiap anak muda. Tanpa belajar, pikiran, pengetahuan dan pengalaman tidak akan berkembang. Oleh karena itu belajar adalah wajib bagi setiap orang yang ingin hidupnya kelak lebih baik dari hari ini.
Baca juga, Menambah pengalaman dengan berpikir

Materi pembelajaran tidak dibawa di dunia kerja, pola pembelajaran yang di tekuni itulah yang dibawa seumur hidup

Jujur saya pribadi ingin mengakui bahwa kebanyakan dari apa yang kita pelajari di bangku sekolah tidak akan dibawa didunia kerja. Batas pengetahuan sekolah dan kuliah hanya akan dibawa di saat tes tertulis/ ujian tertulis masuk kerja. Sedangkan didunia kerja sendiri yang dibutuhkan adalah skill, kejujuran, kerja sama dan tanggungjawab. Pengetahuan dibangku sekolah tidak dibawa sama sekali, sekalipun ada hanya sedikit saja yang bersifat wawasan.

Pola pembelajaran yang kita lakukan dengan tekuni (terdiri dari kerangka berpikir, pola pemahaman, pola analisis pemecahan soal) saat dibangku sekolah dibawa sampai dunia kerja bahkan seumur hidup juga termasuk nilai sosial dan moral yang di jalani dahulu. Secara tidak langsung cara-cara yang kita terapkan saat belajar di sekolah dan kuliah membiasakan diri ini untuk membentuk pola sendiri dalam pikiran. Struktur berpikir/ skema berpikir, pola pemahaman dan metode analisis pemecahan masalah yang kita pelajari dulu, itulah yang dibutuhkan di dunia kerja. Oleh karena itu jangan hanya fokus pada nilai raport anda karena ini tidak menjamin anda diterima di dunia kerja. Ingatlah teman, sembari menambah pengetahuan, kembangkan juga wawasan dan attitude yang baik agar kelak langkah kaki anda lebih lincah untuk menggapai sesuatu yang baru.

Tips & Trik Jitu Belajar Yang Baik

Semasa sekolah dan kuliah dahulu, kita punya trik sendiri agar proses mempelajari suatu mata pelajaran / mata kuliah dapat dilakukan dengan efisien dan efektif. Mungkin bagi teman-teman yang lain tips and trik ini terkesan sudah jadul akan tetapi jangan berhenti membaca seluruh tulisan ini! Siapa tahu teman-teman dapat inspirasi baru karena tulisan ini kita angkat dari kisah nyata dan pengalaman sendiri. Berikut Cara belajar yang kami anjurkan buat teman-teman yang masih sekolah/ kuliah :

TAHAPAN PERSIAPAN / PERENCANAAN

  1. Hati Yang Mantap (Pembaharuan mindset).
    Disini anda dituntut untuk tidak sentimentil / antipati / masa bodoh dengan pelajaran tertentu. Apapun keberatan/kesulitan anda dalam pelajaran tersebut : minimalisir bahkan hilangkanlah. Anggap saja, semua pelajaran adalah penting karena mempengaruhi nilai rata-rata di akhir studi nanti. Jika anda ilfil dengan pelajaran tertentu, berat rasanya untuk meliriknya, apalagi untuk memahaminya.. Oleh karena itu ambil komitmen untuk lebih giat lagi belajar dalam menggapai cita-cita dan asa..
  2. Doa.
    Sebagai bangsa yang percaya akan adanya Tuhan Yang Maha Esa : ini sangat diperlukan agar proses belajar yang kita lakukan diberi kelancaran, diberkati dan tidak sia-sia.
  3. Fisik Yang Prima.
    Kondisi kesehatan jangan diabaikan. Belajar/menghafal juga butuh energi ekstra. Makan secara teratur sangat diperlukan : terlebih jika kamu minum susu; sempurna deh..... :).
    Tidak lupa juga kami menyarankan untuk memperhatikan asupan garam harian, apakah sudah terpenuhi atau tidak sebab asupan yang cukup dapat membantu meningkatkan konsentrasi berpikir.
    Baca juga, Manfaat garam bagi kesehatan
  4. Waktu Yang Tepat.
    Gunakanlah waktu lebih efisien. Hindari meluangkan waktu anda pada hal-hal yang tidak memberi manfaat. Bersantai itu memang baik, akan tetapi nyantai berlama-lama membuat tugas-tugas anda terbengkalai. Menikamati hidup sangat dianjurkan namun jangan sampai hal tersebut membuat anda lupa tanggungjawabnya.
  5. Sesuaikan Situasi dan Kondisi.
    Yang namanya sikon, itu relatif. Ada orang yang bisa belajar pada situasi yang tenang dan hening, ada yang sambil dengarin musik (saran: musik classic sangat recomended) atau radio. Yang penting disini adalah pastikan sikon belajar anda nyaman dihati sendiri.

CARA JITU BELAJAR YANG BAIK DAN BENAR

  1. Belajar terus-menerus.
    Jika dilakukan musiman tidak akan memberi faedah. Apalagi jika doyan denga sistem sks (sistim kebut semalam): masuk juga hafalannya sih, lusa dijamin hilang dah.
    Belajar tiap malam dan tiap pagi.
    MALAM hari : Review (bolak-balik pelajari) pelajaran yang barusan anda pelajari dari guru dan sekaligus review juga pelajaran yang akan anda pelajari besok.
    PAGI hari (subuh) : Review (bolak-balik pelajari) pelajaran yang semalam diberikan oleh guru dan yang akan di pelajari nanti.
    REVIEW DIAKHIR PEKAN. Bolak-balik pelajari semua mata pelajaran yang telah anda terima minggu ini.
  2. Belajar di waktu subuh. Pada waktu subuh sampai pagi hari, pikiran kita lagi segar-segarnya (gak ada galau, gak ada susah, pokoknya pikiran gak bercabang-cabang dah). Sangat cocok untuk diisi dengan pelajaran yang berkualitas. Saat subuh juga sikonnya tenang dan hening.
  3. Maksimalkan penggunaan indra. Penelitian membuktikan bahwa semakin banyak indra kita digunakan dalam merespon sesuatu : semakin baik sesuatu itu terekam oleh pikiran kita. Saat belajar, usahakan agar pelajaran itu ada bentuknya berupa audio atau visual. Gambar (visual) lebih mudah direkam oleh memori otak kita. Bahkan anda bisa membuat pelajaran anda dalam bentuk audio dengan cara merekamnya.
  4. Belajar sambil membayangkan (mengkhayal). Saat mempelajari sebuah proses, bayangkanlah proses itu dalam pikiran anda. Jika itu sebuah bagan/ proses, bayangkan bagan/ gambar tersebut. Hal-hal yang bisa kita gambarkan dalam khayalan/ pikiran kita lebih mudah terekam oleh memori.
  5. Warnai/stabilo kata kunci. Dalam setiap catatan yang diberikan oleh guru. Warnailah hal-hal penting. Semisalnya pengertian, ciri-ciri, faktor-faktor. Yang lebih canggihnya lagi, yaitu : bagian yang diwarnai dalam kalimat tersebut hanya kata-kata kuncinya saja. Defenisi kata kunci: kata yang tidak dapat dihilangkan dari kalimat.
    Contoh: "Pesawat adalah salah satu alat transportasi di Indonesia".
    Kata kuncinya: "Pesawat", "Alat transportasi".
    Yang anda warnai/stabilo hanya tiga kata diatas, itulah yang anda hafal. Kondisikanlah pikiran anda untuk menghubungkan ketiga kata tersebut.
  6. Jangan kontekstual saat menghafal.

    Artinya saat menghafalkan sesuatu jangan di copy paste 100% dalam otak alias menghafal mati harus di hindari. Lakulanlah hafalan sesuai gaya sendiri tapi tidak lari dari topik pembicaraan/ topik sebenarnya.
  7. Buatlah bahan bacaan anda semenarik mungkin. (tulisan yang rapi, bila perlu warna pulpennyapun dibuat variatif). Setiap orang punya gaya seni yang berbeda : ada yang suka acak-acakan bak grafiti di jalanan, ada pula yang suka seni bak lukisan monalisa.
  8. Belajarlah di ruang makan. Mungkin rumah agak kecil dimana anda tidak punya kamar sendiri. Ruang makan mungkin bisa menjadi alternatif yang bagus.
  9. Hindarilah belajar sesudah makan. Perut yang sudah terisi penuh memicu ekskresi hormon dan enzim tertentu yang membuat mata anda sayup, redup hingga akhirnya anda tertidur juga.
  10. Hindari belajar ditengah keramaian / tempat umum. Menghafal didalam bus/angkutan kota, saat nonton bioskop, atau juga saat di mall. Hal ini tidaklah membuat anda berprestasi di sekolah.
Demikian teknik belajar yang baik menurut kami. Ingat yang disampaikan sebelumnya bahwa selain mengembangkan pengetahuan, luaskan wawasan dan miliki attitude yang baik.

Semoga bermanfaat dan buatlah gaya belajarmu sendiri. Salam pelajar Indonesia!